7 Langkah Ampuh Untuk Memastikan Koneksi Wifi Lancar

wifi

Kebutuhan terhadap internet pada saat yang sekarang memang sangat tinggi. Apalagi internet sudah menyasar semua orang, tanpa menghiraukan usia maupun tempat. Intensitas penggunaan sosial media menjadi yang paling tinggi dibandingkan dengan lainnya selain berbelanja maupun hanya sekedar browsing.

Saat ini banyak sekali perangkat WiFi yang bisa digunakan di rumah, sangat mudah dalam hal instalasi. Bahkan bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki pendidikan IT. Maka tidak mengherankan, banyak rumah yang sudah tercover oleh WiFi. Kelebihan lainnya adalah hanya menggunakan satu perangkat sebagai router dan koneksi internet bisa dibagi untuk banyak perangkat lainnya.

Namun terkadang, koneksi WiFi di rumah mendadak terhambat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek router yang Anda gunakan. Pengaturan posisi router ini akan berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi. Berikut ini tips dan triknya :

  1. Cek posisi router
    Mengecek posisi router mungkin terkesan hal yang sepele, padahal efeknya bisa berdampak besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Oleh karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan. Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar dan bisa menjangkau ruangan lainnya.
  2. Jangan diletakkan di lantai atau tempat yang rendah
    Letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya lemari ataupun ditempel di tembok. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke semua ruangan.
  3. Pastikan router di tempat terbaik
    Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat Anda menyimpan router tersebut. Maka sebaiknya Anda meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering Anda tempati saat menggunakan internet, misalnya di ruang tamu atau keluarga.
  4. Pilih tempat terbuka
    Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Pilihlah posisi yang bebas halangan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun. Jangan sembunyikan router dibelakang meja, lemari atau apapun.
  5. Pastikan antena tetap berdiri
    Antena router harus tetap berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.
  6. Jauhkan dari benda elektronik lain
    Jauhkan router Anda dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, radio, dan TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.
  7. Periksa kekuatan sinyal
    Ada sejumlah aplikasi untuk memeriksa kekuatan sinyal WiFi, seperti Cloudcheck atau Amped. Saat mengecek kekuatan sinyal, Anda bisa memetakan daerah mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

Related posts

2 thoughts on “7 Langkah Ampuh Untuk Memastikan Koneksi Wifi Lancar

  1. Sekarang wifi yang bagus & murah apa yaa om ??? & om nya pake wifi apa juga ???

    1. editor

      maksudnya perangkatnya gan? saya pakai router tp-link

Leave a Comment