Aplikasi Dan Game Terbaik Tahun 2016 Di Google Play

Smartphone adalah gadget yang saat ini paling utama di kalangan masyarakat, mulai dari tahun 2010 sampai sekarang perkembangan smartphone semakin naik dan menjadi bisnis yang menjanjikan bagi para perusahaan pencipta smartphone maupun pembuat aplikasi.

Dan seperti yang kita ketahui, Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini. Ada ratusan ribu bahkan jutaan aplikasi yang tersedia di Google Play. Google, sampai bulan Desember ini telah merilis game dan aplikasi terbaik selama tahun 2016.

Kriteria utama dari pemilihan aplikasi dan game tersebut berdasarkan jumlah pengunduh (best seller), tingginya rating, dan pembaruan yang rutin dan menarik di sepanjang tahun 2016.

Game Terbaik : Pokemon Go

pokemon go

Mulai dirilis pada 6 Juli 2016, Pokemon Go menawarkan sensasi pengalaman baru bermain game dengan menggunakan teknologi augmented reality. Pokemon Go merupakan hasil kolaborasi antara Pokemon Company, Nintendo, dan Niantic, perusahaan pengembang game di balik game augmented reality fenomenal, Ingress. Maka dari itu, dalam permainannya, Pokemon Go akan menggunakan sistem yang sama dengan yang diterapkan di Ingress, yakni location-based game.

Ide pembuatnya sendiri tercetus sejak 2013 silam. Barulah pada September 2015, untuk pertama kalinya Pokemon Go diumbar ke publik. Usai Niantic melakukan uji coba ke sejumlah negara, seperti Jepang dan Australia, game ini pun siap dinikmati bulan depan.

Di Pokemon Go, player akan berburu dan menangkap Pokemon dengan setting dunia nyata. Ponsel secara otomatis akan bergetar bila ada Pokemon di sekitar gamer.  Tipe-tipe Pokemon akan muncul sesuai dengan lokasi. Misal, Anda ingin menangkap Pokemon tipe air, maka harus mendekat ke lokasi yang berair, seperti danau atau laut.

Aplikasi Terbaik : Prisma

prisma

Aplikasi pengolah foto Prisma mulai dirilis pada 11 Juni 2016, aplikasi ini memungkinkan pengguna mengubah foto menjadi seperti lukisan ala Picasso. Kita hanya cukup memasukkan foto yang akan diubah. Dalam hitungan detik, foto tersebut akan menjadi gambar yang mirip lukisan.

Awalnya aplikasi ini mendarat di iOS. Lantaran menawarkan sesuatu yang menarik dan menjadi viral di media sosial membuat Prisma populer dalam waktu singkat. Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan intelijen buatan atau artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter.

Terdapat 36 filter foto yang tersedia untuk bisa dipilih oleh pengguna Prisma di Android. Sebagai catatan, foto yang dihasilkan prisma dilabeli watermark. Bila ingin dihilangkan, buka ikon gear di awal aplikasi ini dijalankan. Cukup geser ke kiri untuk menonaktifkan watermark. Dari sini pula kita bisa mengatur foto yang telah diubah dapat secara otomatis ke dalam ponsel.

Related posts

Leave a Comment