Apple Secara Resmi Menghentikan Ipod Nano Dan Ipod Shuffle

ipod shuffle

Ipod Nano dan Ipod Shuffle sudah tidak ditemukan lagi di situs toko online Apple. Lewat surat elektronik, juru bicara Apple membenarkan bahwa iPod Shuffle dan iPod Nano memang sudah dihentikan penjualannya. Kedua produk ini sekarang masih lebih bisa dibeli dari retailer lain. Namun ketersediaan iPod Shuffle dan iPod Nano tak akan berlangsung lama, hanya selama stok masih tersedia karena produksi kedua perangkat sudah dihentikan.

Siapa yang tidak kenal dengan iPod, pemutar musik ini sempat jadi simbol kemakmuran di kalangan remaja. Harganya memang cukup mahal ketika diluncurkan. Tapi Apple kemudian juga melihat konsumen yang ingin memiliki iPod, namun dananya terbatas. Tidak lama berselang Apple meluncurkan iPod Nano yang dibanderol lebih terjangkau. iPod Nano merupakan versi lebih ringkas dari iPod Classic dengan dimensi dan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil. Tapi dibandingkan dengan iPod Classic, penerimaan iPod Nano justru lebih baik. Selain karena harganya, ada pilihan warna yang lebih catchy sehingga varian pemutar musik ini lebih makin digemari para remaja. Apple juga rajin melakukan update untuk iPod Nano hingga beberapa generasi demi mengikuti tren yang berlaku.

ipod nano
Inovasi pada lini iPod tak sampai disitu, Apple juga kemudian merilis iPod Shuffle dengan harga yang lebih murah lagi. iPod Shuffle tampil sederhana tanpa layar, hanya terdapat tombol-tombol navigasi untuk memilih lagu. Sangat digemari karena sangat ringkas dan kecil.

iPod Nano dan iPod Shuffle ternyata sudah tidak diperbarui oleh Apple selama beberapa tahun belakangan. iPod Nano terakhir diperbarui (generasi ke-7) pada 2012. Sementara itu, iPod Shuffle teranyar adalah generasi ke-4 yang dirilis pada 2010. Setelah update generasi terakhir, pembaruan yang diterapkan hanya bersifat penambahan varian warna saja pada iPod Shuffle dan iPod Nano.

Spekulasi beredar menyebut alasan Apple menghentikan produksi iPod Nano dan iPod Shuffle dikarenakan fungsi kedua perangkat ini telah bisa digantikan oleh iPhone dan iPod Touch. Aladan lainnya adalah popularitas layanan musik streaming yang semakin dominan membuat pemutar musik jadi tak lagi relevan.

Meski iPod Touch masuk dalam keluarga iPod, perangkat ini tidak benar-benar dinikmati hanya untuk mendengarkan musik maupun video. Kebanyakan penggunanya menggunakan iPod Touch justru untuk bermain game iOS. Untuk mengakomodir hal ini, iPod Touch kini dipasarkan dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 32 GB dan 128 GB. Varian iPod Touch 16 GB dan 64 GB tak lagi dipasarkan.

Related posts

Leave a Comment