Apple Secara Resmi Mengumumkan Sistem Operasi Mobile iOS 11

iOS 11

Pengumuman iOS 11 memang ditunggu-tunggu di perhelatan Worldwide Developers Converence (WWDC). Pasalnya sejumlah fitur baru bakal diungkap oleh Apple. CEO Apple, Tim Cook yang mengenalkannya langsung di panggung acara.

Berikut ini adalah fitur-fitur baru di iOS 11 :

  • Lock screen baru
    Lock screen iOS 11 memiliki tampilan baru dengan passcode yang memiliki font yang lebih tebal, serta lingkaran yang lebih tipis dan tidak memiliki outline putih.
  • iMessage
    Apple mendesain ulang aplikasi pesannya. iMessage kini hadir di app drawer di bagian bawah layar. Sinkronisasi antar perangkat pun kini lebih baik. Selain itu, iMessage kini terintegrasi dengan Apple Pay. Sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran secara langsung dari aplikasi pesan.
  • Siri
    Suara Siri kini dibuat makin natural. Asisten digital Apple kini dapat menerjemahkan suara. Berkat teknologi on-device learning, Siri dapat menebak apa yang akan diminta pengguna selanjutnya. Ia pun akan memberikan saran dari news, lokasi dan lainnya.
  • Keyboard satu tangan
    Di iPhone, ada pilihan baru untuk pengoperasian keyboard dengan satu tangan. Keyboard bisa ditampilkan rapat kanan atau kiri.
  • Kamera
    Video kini tidak mengurasi ruang penyimpanan karena teknologi kompresi terbaru. Mengambil foto potrait di kondisi kurang cahaya menjadi lebih baik berkat perpaduan OIS, True Tone Flash dan HDR. Selain itu Live Photos dapat diedit dan bahkan dijadikan sebuah film. Pada bagian Memory di aplikasi Photos, film dapat dimainkan dalam orientasi portrait dan landscape.
  • Control center
    Control Center di iOS 11 dirombak dan kini bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna. Pengguna bisa memilih apa yang ingin ditampilkan di Control Center melalui Settings. Ada banyak pilihan, seperti Low Power Mode, Notes, Text Size, Wallet, Screen Recording, dan sebagainya.
  • Home kit
    Apple turut memperkenalkan AirPlay 2 untuk mendukung konfigurasi multi-ruangan agar dapat mengontrol lebih mudah menggunakan Control Center, aplikasi Home dan Siri.
  • Drag and drop
    Drag and Drop menjadi fitur lama di iPad, namun fitur ini juga tersedia di iPhone untuk memindahkan file dengan mudah. Fitur ini terbatas digunakan dalam aplikasi di iPhone dan bukan di semua sistem layaknya di iPad.
  • Apple music
    Pelanggan dapat membuat profil sehingga temannya dapat mengikuti, berbagi playlist yang dibuat.
  • Apple maps
    Menyajikan peta indoor dari sejumlah bandara dan pusat perbelanjaan. Batas kecepatan dan panduan jalur telah ditambahkan ke navigasi.
  • Apple news
    Apple menjanjikan akan banyak cerita yang dipilih setiap hari oleh editor Apple News di tab Spotlight. Tidak ketinggalan akan ada video terbaik hari ini di Today View.
  • App store
    Apple merombak tampilan toko aplikasinya. Sehingga pengguna dapat menemukan aplikasi dan permainan lebih mudah dari sebelumnya. Selain itu, App Store akan menampilkan kisah di balik pengembangan sebuah aplikasi dan game.
  • Smart invert
    Di bagian Accessibility dalam Settings app, terdapat pilihan untuk mengubah warna tampilan, kecuali untuk foto, media, dan beberapa aplikasi. Pilihan ini seperti “Dark Mode”  namun tidak sampai merusak elemen user interface.
  • Screen recording
    Terdapat pilihan Control Center yang bisa merekam kegiatan yang sedang dikerjakan di layar iPhone atau iPad secara otomatis.
  • Augmented reality (AR)
    Apple memperkenalkan platform baru bagi pengembang untuk membantu mereka menghadirkan pengalaman AR berkualitas tinggi ke iPhone dan iPad. ARKit memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan teknologi penglihatan komputer terbaru guna membangun konten virtual yang terperinci dan menarik. Platform ini dapat digunakan untuk menciptakan permainan interaktif, pengalaman berbelanja yang mendalam, desain industri dan lainnya. Berkat ekosistem perangkat iOS yang sangat besar, ARKit akan jadi platform AR terbesar di dunia saat iOS 11 dilepaskan.

Perangkat yang kompatible dengan iOS 11 adalah gadget-gadget Apple yang menjalankan chip A7 terbaru, termasuk di antaranya adalah iPhone 5s, SE, 6 Plus, 6, 6s Plus, 6s, 7 Plus, dan 7, iPad generasi kelima, iPad Air, iPad Air 2, semua model iPad Pro, dan iPad mini 2 dan yang lebih baru.

Related posts

Leave a Comment