Asteroid J025 Akan Melintasi Bumi Pada 19 April 2017

asteroid JO25

Para peneliti menemukan sebuah asteroid yang berada tidak jauh dari orbit Bumi sekitar hampir tiga tahun yang lalu atau tepatnya 2014. Asteroid tersebut memiliki ukuran yang relatif besar dan diprediksi akan terbang melewati Bumi pada tanggal 19 April 2017 mendatang, yang berada pada jarak sekitar 1,8 juta kilometer, atau sekitar 4,6 kali jarak dari Bumi ke Bulan.

Meskipun tidak ada kemungkinan asteroid tersebut bertabrakan dengan planet bumi, fenomena langka ini akan menjadi fenomena unik yang mana pertama kalinya terjadi fenomena dimana sebuah asteroid dengan ukuran sebesar itu melewati bumi dengan jarak yang sangat dekat.

Asteroid yang dikenal dengan nama JO25 ini ditemukan pada bulan Mei 2014 oleh astronom di Catalina Sky Survey di dekat Tucson, Arizona. Yang merupakan sebuah proyek dari Program Pengamatan NEO NASA yang bekerjasama dengan University of Arizona. Asteroid ini memiliki ukuran kira-kira sekitar 650 meter dan permukaannya sekitar dua kali lebih reflektif, seperti yang ditemukan pada permukaan bulan.

Pada saat ini masih sangat sedikit data yang diketahui tentang sifat fisik yang dimiliki oleh asteroid tersebut. Objek angkasa ini akan mendekati bumi dari arah matahari ketika menampakan dirinya ke bumi dan akan menjadi terlihat di langit ketika malam hari tiba setelah tanggal 19 April 2017 mendatang.

Kita dapat mengamati objek angkasa yang akan melewati bumi dengan menggunakan teleskop, sebelum cahaya dari benda angkasa ini pudar setelah satu sampai dua hari objek ini melintasi bumi akibat meningkatnya jarak antara asteroid tersebut dengan bumi karena pergerakannya yang sangat cepat.

Kita telah ketahui bersama bahwa asteroid-asteroid kecil memang kerap kali melewati bumi beberapa kali setiap minggunya, tetapi fenomena yang akan terjadi pada tanggal 19 April 2017 mendatang adalah fenomena dimana asteroid dengan ukuran sebesar itu melewati bumi dengan jarak yang paling dekat.

Sebenarnya pada bulan September 2014 lalu juga pernah terjadi fenomena asteroid yang melewati bumi dengan jarak yang cukup dekat sekitar empat kali jarak bumi ke bulan. Asteroid tersebut diberi nama ateroid Toutatis, yang memiliki ukuran sekitar 5 kilometer.

Diprediksikan fenomena ini juga akan terjadi pada tahun 2027, dimana pada saat itu bumi akan kembali dilewati oleh sebuah asteroid berukuran besar yang sebanding dengan asteroid J025. Asteroid tersebut diberi nama asteroid AN10, objek angkasa tersebut akan terbang melewati bumi dengan jarak sekitar 380.000 kilometer, atau satu kali jarak bumi ke bulan.

Pengamatan menggunakan radar akan direncanakan di NASA Goldstone Solar System Radar di California dan di National Science Foundation Observatorium Arecibo di Puerto Rico, nantinya gambar radar yang akan dihasilkan bisa mengungkapkan rincian ukuran terkecil permukaan asteroid tersebut.

Terjadinya pertemuan antara Asteroid JO25 dengan bumi pada tanggal 19 April 2017 mendatang adalah pertemuan dengan jarak yang paling dekat setelah 400 tahun terakhir. Sebelumnya asteroid JO25 ini memang pernah melewati bumi 400 tahun yang lalu dan diprediksi kembali melewati bumi dengan jarak yang cukup dekat sekitar 500 tahun mendatang.

Related posts

Leave a Comment