Berbagai Faktor Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

beli rumah

Ada banyak pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah, baik rumah baru maupun rumah bekas. Selain faktor harga rumah, ada beberapa faktor lagi yang akan sangat berpengaruh. Apa sajakah itu, berikut ini beberapa faktor dan tips untuk membeli rumah.

  1. Lokasi rumah
    Lokasi rumah harus mudah terjangkau dari tempat aktifitas sehari hari seperti tempat kerja, sekolah anak anak, serta fasilitas umum seperti tempat belanja, rumah sakit serta transportasi umum. Dikatakan mudah terjangkau dalam hal ini adalah berkaitan dengan jaraknya yang tidak terlalu jauh. Kondisi jalan dalam keadaan baik dan lapang, bebas banjir serta tidak rawan tindak kriminal.

  2. Sesuaikan Dengan Kemampuan dan Kebutuhan
    Hitunglah pendapatan Anda dan pengeluaran rutin keluarga misalnya biaya pendidikan, kebutuhan sehari hari, tabungan, biaya kesehatan, dan pengeluaran rutin lainnya. Jika Anda akan membeli rumah secara tunai maka Anda sebaiknya tidak menghabiskan seluruh tabungan, melainkan sisakan uang Anda untuk kepentingan dana cadangan. Jika Anda membeli rumah secara kredit maka perhitungkan kemampuan Anda membayar uang muka dan angsuran. Begitupun dengan kapasitas rumah, rumah haruslah cukup untuk seluruh anggota keluarga yang akan tinggal. Semakin besar ukuran rumah tentu semakin mahal pula harganya.
  3. Cari Tahu Lahan Yang Digunakan Untuk Rumah Itu Dulu Apa
    Tanah yang paling dihindari untuk membangun rumah adalah tanah bekas rawa karena merupakan tanah bergerak yang bisa membuat dinding retak serta airnya mudah meresap ke dinding. Airnya juga mengandung kadar asam tinggi jadi tidak bagus untuk di konsumsi. Hindari juga tanah makam yang biasanya berkaitan dengan kepercayaan tertentu kurang baik.
  4. Lingkungan
    Perhatikan lingkungan di sekitar rumah. Jangan membeli rumah yang berdekatan dengan pabrik karena akan terkena polusi udara dan air, serta tingkat kebisingan yang tinggi dan tentunya perhatikan keamanan lingkungan sekitar. Pastikan juga akses masuk dan lebar jalannya, pastikan bahwa akses masuk secara mudah serta lebar jalan minimal dapat dilalui 2 mobil.
  5. Luas Tanah
    Tanah yang luas akan mempermudah jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkan atau membangun lagi rumah tersebut. Namun tanah yang luas akan menambah harga rumah menjadi lebih tinggi. Tanyakan harga tanah apakah sudah sesuai dengan harga tanah di lingkungan sekitar. Pertimbangan berikutnya adalah tanah yang lebih luas akan membantu Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika rumah dan tanah tersebut dijual kembali. Hal ini karena harga tanah tidak akan pernah turun kecuali di wilayah bencana. Jadi tanah yang luas merupakan investasi yang tepat bagi Anda. Tanah yang lebih luas dalam sebuah perumahan biasanya merupakan unit rumah tipe pojok.
  6. Periksa Bangunan 
    Periksa semua sudut rumah, lantai plafon, kusen, dll. Hal ini untuk mengetahui kualitas pembangunan rumah dari developer. Tapi khusus untuk rumah bekas tentu saja semakin banyak kerusakannya, sehingga Anda bisa mengkalkulasi biaya renovasi sebelum memutuskan untuk membeli.

Related posts

Leave a Comment