Berbagai Fitur Smartphone Yang Populer Tahun 2017

Pasar smartphone memang sudah penuh dan sesak, banyak vendor bersaing untuk menarik hati konsumen. Meskipun beberapa vendor besar seperti Apple, Samsung, Huawei, Xiaomi begitu mendominasi. Namun, mereka sebenarnya cenderung menawarkan hal yang sama, yakni smartphone dengan layar besar, kamera yang bagus, desain yang premium, dan performa yang cepat.

Selain branding dan sistem operasi yang digunakan, tidak ada perbedaan besar antara satu smartphone dengan smartphone lainnya. Masih sedikit yang menonjolkan perbedaan signifikan, fiturnya terkesan sama mungkin hanya berbeda dari penamaannya saja.

Tentunya untuk menarik konsumen, berbagai fitur terbaru akan selalu disematkan pada setiap smartphone terbaru. Semakin cepat suatu vendor menghadirkan teknologi terbaru di smartphone dibandingkan dengan vendor yang lainnya, maka vendor tersebut tentunya akan mendapatkan simpati yang lebih besar dari konsumen. Namun, ternyata teknologi-teknologi yang diterapkan tetap saja akan diterapkan juga oleh vendor lainnya.

Berikut ini 5 fitur smartphone yang menjadi tren di tahun 2017 :

  1. Layar Tanpa Bezel
    Smartphone yang berukuran compact namun dengan layarnya memenuhi bodi, nyaris tanpa batas. Kini banyak bermunculan smartphone yang mempunyai fitur itu. Apa itu layar tanpa bezel? Bagian layar smartphone atau bagian atasnya di dominasi oleh layar dan minim bezel atau pemisah antar body dan layar. Dengan tanpa bezel, rasio layar terhadap bodi menjadi besar, dengan begitu ukuran smartphone menjadi lebih efisien namun dengan layar yang luas, selain itu membuat design smartphone menjadi lebih mewah dan elegan.
  2. Dual Kamera
    Setelah ada fitur dual SIM, dual speaker stereo, kini ada fitur baru yang sedang menjadi tren yaitu dual camera. Mengapa menggunakan dual camera? Apa kelebihannya? Cara kerja dual camera dalam smartphone adalah tidak bekerja secara bersamaan namun hanya sebagai fitur tambahan untuk kamera utamanya, sedangkan kamera kedua memungkinkan untuk membuat efek blur pada background atau yang biasa disebut bokeh menjadi lebih dramatis layaknya kamera DSLR dan atau mirrorless. Biasanya terdapat 2 lensa yang digunakan adalah lensa tele dan lensa wide. Tentunya dengan bantuan software yang digunakan akan membuat foto dengan kualitas luar biasa.
  3. Kecerdasan Buatan
    Kini kecerdasan buatan merambah ke sektor smartphone, dengan teknologi Artificial Intelligence, kemampuan smartphone meningkat drastis, mulai dari pemrosesan chipset yang lebih cepat namun lebih efisien, kamampuan kamera yang lebih baik sampai menawarkan keamanan yang lebih tinggi tidak hanya menggunakan fingerprint atau sidik jari namun merambah ke bagian organ tubuh lain seperti retina mata dan bahkan pengenalan wajah sehingga membuat smartphone menjadi lebih aman.
  4. Tanpa Jack Audio 3,5mm
    Bagi para penggemar musik dari smartphone yang terbiasa menggunakan earphone ataupun headset, kehilangan jack audio 3,5mm mungkin akan menimbulkan kekecewaan. Bukan tanpa alasan, audio jack tersebut sengaja dihilangkan demi efisiensi pada smartphone utamanya dalam hal ukuran dan tentunya supaya tidak mengganggu sistem antena dalam smartphone karena jalur audio jack yang berdekatan dengan antena smartphone. Pabrikan smartphone masih memiliki solusi untuk itu, yaitu menggunakan media bluetooth untuk menghubungkan perangkat tambahan untuk mendengarkan musik.
  5. Penggunaan e-SIM
    E-SIM yang dimaksud adalah elektronik SIM? E-SIM memiliki ukuran yang lebih kecil dari Nano SIM dan tertanam dalam perangkat sehingga non-removable, untuk mekanisme penggantian nomor atau penggantian operator menggunakan software khusus sehingga lebih mudah dan praktis. Sepertinya teknologi E-SIM cocok diterapkan di Indonesia karena sejalan dengan misi kemkominfo yang ingin membatasi jumlah SIM card untuk meminimalkan kejahatan cyber yang melibatkan nomor HP.

Related posts

Leave a Comment