Berbagai Jenis Alat Transportasi Yang Hanya Ada Di Indonesia

Pada zaman modern saat ini, semakin banyak ditemui berbagai alat transportasi canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasa nyaman menggunakan transportasi umum. Dengan dukungan teknologi yang semakin maju, sekarang sudah banyak muncul transportasi online baik roda dua maupun roda empat.

Di negara Indonesia meskipun alat transportasinya masih ketinggalan di banding negara-negara dunia lain. Namun, Indonesia memiliki keistimewaan, karena banyak transportasi umum Indonesia masih tradisional dan langka, berikut ini berbagai transportasi tradisional yang hanya ada di negara Indonesia :

  1. Dokar
    dokar
    Dokar merupakan salah satu alat transportasi tradisional di Indonesia. Dokar berbeda dengan andong, Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.
  2. Cidomo
    Cidomo
    Cidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa. Perbedaan utamanya adalah delman atau andong menggunakan roda kayu, sedangkan cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya.
  3. Ojek
    ojek
    Ojek adalah transportasi umum yang ada di seluruh Indonesia yang menggunakan sepeda motor. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa dua orang. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan pengemudi ojek terlebih dahulu setelah itu pengemudi ojek akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.
  4. Angkot
    angkot
    Angkutan kota atau yang lebih dikenal dengan Angkot adalah sebuah moda transportasi perkotaan dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.
  5. Bentor
    Bentor
    Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak dengan bantuan sepeda motor di bagian belakangnya. Motor yang digunakan biasanya adalah motor jenis bebek. Bentor banyak beroperasi di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah.
  6. Becak
    becak
    Becak adalah suatu model transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan. Yaitu, becak dengan pengemudi di belakang, biasanya ada di Jawa. Becak dengan pengemudi di samping, biasanya ditemukan di Sumatra.
  7. Delman
    delman
    Transportasi ini menggunakan kuuda sebagai penggeraknya, nama transportasi ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Delman juga memiliki nama lain seperti Andong, yang memiliki roda empat. Di Jakarta, penamaan Andong sering juga disebut sebagai ebro yang diambil dari singkatan Eerste Bataviasche Rijtuig Onderneming yang berarti Perusahaan Kereta Pertama di Jakarta.

Related posts

Leave a Comment