Besok Adalah Hari Belanja Online Nasional

harbolnas

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk membelanjakan uang Anda. Banyak diskon yang ditawarkan oleh toko baik itu yang offline atau online. Di Indonesia setiap tanggal 12 Desember dikenal sebagai Harbolnas. Apa itu Harbolnas? Harbolnas adalah Hari Belanja Online Nasional. Perayaan yang pertama kali di rayakan pada tahun 2012 tepat di tanggal 12-12-2012 dan tentunya diselenggarakan di Indonesia. Aksi yang pertama kali di lakukan oleh 7 E-commerce Indonesia.

Kegiatan ini sebenarnya merupakan bagian dari upaya untuk mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat terhadap belanja online yang mudah dan nyaman. Harapannya orang yang sebelumnya belum pernah belanja online, jadi tertarik mencoba karena tergiur diskon yang besar. Pengalaman berbelanja online yang aman dan nyaman ini pun diharapkan bakal membuat pembeli jadi ketagihan belanja online, yang pada akhirnya juga mengembangkan dunia e-commerce di Indonesia.

Pada Harbolnas 2016 ini, para pelaku industri retail online memberikan penawaran diskon untuk hampir semua produk yang dijual secara online. Seperti yang sudah terjadi pada Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, konsumen harus mencermati benar kapan sebuah produk mendapatkan diskon terbesar. Respons positif dari netizen membuat banyak e-commerce yang akan mengikuti even setahun sekali yang mirip dengan Black Friday di Amerika Serikat tersebut.

Saat ini terdapat banyak sekali situs e-commerce di Indonesia, sehingga kadang memunculkan pertanyaan apakah semua situs e-commerce itu aman.

Berikut ini Tips untuk mengikuti Harbolnas :

  1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
    Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi.Kalau tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web itu. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
  2. Buat daftar barang yang Anda inginkan
    Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu Anda saat akan berbelanja dan tidak ada barang yang Anda inginkan terlewati.
  3. Lakukan pengecekan harga barang yang Anda inginkan
    Hal ini di lakukan supaya Anda tidak tertipu oleh diskon yang besar walaupun ternyata harga barang yang Anda inginkan sudah dinaikkan terlebih dahulu.
  4. Pastikan Anda tahu kapan diskon mulai digelar
    Hal ini dilakukan supaya Anda tidak menyesal ketika barang yang akan Anda beli ternyata di diskon pada jam tertentu dengan diskon yang lebih besar.
  5. Simpan bukti transaksi
    Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual.

Selamat berbelanja…

Related posts

Leave a Comment