Cara Cerdas Mempercepat Charge Baterai Smartphone

charging smartphone

Smartphone saat bukan hanya sebagai media untuk berhubungan sosial, tetapi juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya bermain game, menonton film ataupun memotret. Oleh karena itu ketahanan baterai smartphone menjadi sangat krusial. Hal ini diakomodasi oleh para vendor smartphone dengan menawarkan baterai dengan kapasitas yang besar. Tapi terkadang proses pengisian dayanya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Berikut ini 5 langkah ampuh untuk mempercepat proses charging smartphone Anda :

  1. Gunakan charger adapter dengan output yang besar.
    Anda bisa men-charge lebih cepat ketika menggunakan adapter charger yang memiliki output besar. Pada bagian charger adapter, Anda akan melihat output yang dihasilkan misalnya : 1A 5W atau 2,1A 12W. Semakin besar A (ampere) yang tertera maka output yang dihasilkan juga semakin besar.
    Namun perlu dicatat, tidak semua smartphone dengan cara ini. Beberapa smartphone dapat mengambil daya sebanyak apapun dari output charger. Tapi ada juga yang tidak bisa.
    Smartphone masa kini tidak akan rusak ketika terhubung ke charger dengan keluaran arus yang lebih besar dari charger bawaan. Ini karena ponsel hanya akan menarik arus listrik dalam besaran yang mampu ditangani saja.
  2. Gunakan kabel USB yang baik.
    Jangan meremehkan kabel USB yang dipakai charging sehari-hari. Meski terkesan sepele, kualitas kabel ini berpengaruh pada kecepatan charge smartphone. Kabel USB murah, biasanya dibuat sangat tipis dan tidak menghantarkan daya dengan baik. Logam yang dipakai pun berkualitas rendah sehingga tidak bisa menangani listrik berdaya tinggi. Sebaiknya gunakan kabel USB dari paket pembelian ponsel, atau cari kabel yang original.
  3. Matikan smartphone ketika sedang di-charge.
    Meski smartphone sedang tidak dipakai sama sekali, bila dalam keadaan hidup maka aplikasi-aplikasi akan ada yang berjalan di background. Meskipun kecil, aplikasi tersebut tetap menyedot daya dan membuat proses pengisian daya melambat. Karena itu cobalah untuk mematikan smartphone.
  4. Hindari charging dengan menggunakan USB port di PC atau laptop.
    Output daya dari port USB komputer biasanya berkisar antara 0,1A hingga 0,5A. jauh lebih rendah dibandingkan output menggunakan charger adapter dari smartphone yang mencapai 1A sampai 2A. Dengan demikian maka kecepatan pengisian daya juga akan jadi lebih rendah dan lama.
    Perlu dikertahui bahwa port USB di sebagian komputer yang telah mendukung interface USB 3.0 mampu menyalurkan arus sebesar 1A sehingga tetap bisa dipakai untuk mengisi daya ponsel dalam waktu relatif singkat, setidaknya sama cepat dengan charger bawaan ponsel.
  5. Jangan menggunakan smartphone ketika masih charging.
    Saat pengisian daya, smartphone jangan digunakan. Cobalah untuk menahan hasrat untuk mengecek smartphone kecuali memang ada pesan atau panggilan penting yang masuk. Karena saat mengecek smartphone maka layarnya akan menyala. Layar merupakan salah satu bagian dari ponsel yang paling menguras baterai.

Related posts

Leave a Comment