Cara Cerdas Untuk Mendapatkan Hasil Pencarian Yang Akurat Di Google

google search

Tidak bisa dipungkiri Google adalah rajanya mesin pencari saat ini, menguasai 80% penggunaan mesin pencari di dunia. Google sudah menjadi mesin pencari informasi yang handal. Hampir semua informasi yang kita cari bisa ditemukan di Google. Setiap waktu selalu ada perbaikan atau pengembangan agar informasi yang ditampilkan semakin akurat.

Semakin kompleksnya hasil pencarian di Google, terkadang membuat pengguna mendapatkan hasil pencarian yang tidak sesuai dengan keinginan. Pengguna Google juga harus beradaptasi dengan berbagai teknik cerdas supaya proses pencarian jadi makin mudah dan tepat sasaran. Berikut 7 teknik rahasia pencarian Google agar hasilnya jadi makin akurat dan cepat.

  1. Tambahkan tanda minus “-“
    google search minus
    Banyak nama atau kata yang sama untuk berbagai informasi berbeda. Agar kita mendapatkan informasi sesuai dengan bidang atau kategori yang kita cari, kita bisa menyelipkan tanda minus (-) di belakang kalimat atau kata yang dicari. Tanda minus itu kemudian diikuti dengan bidang atau kategori yang kita cari. Misalnya: fashion, sport, technology dan sebagainya.
    Contohnya : distro – shirt
  2. Pakai kata “OR”
    google search or
    Bila kita berniat mencari suatu informasi tapi belum yakin dengan namanya, gunakan saja kata “OR”. Google akan menyempitkan pencarian informasi dengan kata yang lebih spesifik.
    Contoh : cari apa or cariapa
  3. Pakai simbol asterik “*”
    google search star
    Simbol asterisk atau tanda “*” dapat digunakan untuk menggantikan kata kunci atau kalimat yang terlupakan. Google secara otomatis akan mencari paduan kata yang relevan. Tentunya diurutkan dari yang paling banyak dicari oleh pengguna Google.
    Contoh : kemenangan Indonesia *
  4. Mencari situs yang berkaitan
    google search related
    Bila kita ingin mencari informasi pembanding dari berbagai situs, gunakan kata “related:” di depan kata kunci. Google akan mengumpulkan semua situs web sejenis sebagai informasi tambahan.
    Contoh : related: berita ahok
  5. Menampilan hasil pencarian yang sama persis dengan kata kunci
    google search quote
    Kalau kita ingin mendapatkan hasil pencarian sama persis dengan kata kunci atau kalimat yang diinput, gunakan tanda petik “ ” di depan dan belakang.
    Contoh : “marquee player bali united”
  6. Pakai “around(+)” untuk mencari kata yang hilang
    google search around
    Misalnya kita lupa kata atau kalimat tapi mengingat awal kata di awal dan terakhir, gunakan kata “AROUND(+)”. Tanda “+” adalah perkiraan jumlah kata yang hilang.
    Contoh : dan jika kami bersama around(3)
  7. Mencari topik dalam satu situs
    google search site
    Seringkali situs dengan banyak pengunjung memiliki konten atau halaman dalam jumlah besar. Hanya saja kita tahu kalau di dalam situs tersebut ada informasi yang kita cari. Kita bisa gunakan “site: NamaDomain kata kunci”. Google akan menghadirkan hasil pencarian sesuai dengan topik bahasan dalam situs tersebut.
    Contoh : site: cariapa.web.id iPhone

Related posts

Leave a Comment