Daftar Artificial Intelligence Yang Akan Booming Tahun 2018

kecerdasan buatan

Artificial Intelligence (AI) biasanya didefinisikan sebagai ilmu yang membuat komputer melakukan hal-hal yang membutuhkan kecerdasan sama seperti yang dilakukan oleh manusia. AI telah memiliki beberapa keberhasilan dalam domain yang terbatas atau disederhanakan. Namun sejak lima dekade sejak lahirnya, AI telah membawa kemajuan yang sangat cepat, dan optimisme awal mengenai pencapaian kecerdasan setingkat manusia.

Berikut ini 10 teknologi kecerdasan buatan yang bakal berkembang pesat pada tahun 2018 :

  1. Natural Language Generation
    Bahasa awamnya adalah sebagai bahasa alami versi digital, kemudian bisa dimengerti oleh manusia, terjadi komunikasi dua arah. Secara teknis sangat rumit dan menantang tapi justru inilah para ahli ingin mencoba membuktikannya. Kedepan teknologi ini akan mampu membuat ringkasan sebuah laporan, kalkulasi pasar dan lain sebagainya.
  2.  Speech Recognition
    Pengenalan perkataan, kelak teknologi ini akan mampu mengenali suara manusia menjadi format yang bisa diterapkan atau diproses dalam komputer, contoh yang saat ini adalah seperti pengenalan suara berdasarkan perintah suara menjadi lebih interaktif dan untuk aplikasi mobile. Contohnya : Siri, Cortana dan Google Now. Sedangkan NICE, Nuance Communications, OpenText dan Verint Systems adalah deretan pengembang teknologi ini.
  3.  Machine Learning Platforms
    Mesin pintar yang mampu bekerja sendiri berdasarkan kecerdasan buatan. Kedepan teknologi ini diharapkan bisa mempermudah kerja manusia. Memprediksikan atau klasifikasi terhadap hal-hal tertentu adalah pekerjaan yang bisa memanfaatkan teknologi ini.
  4.  Virtual Agents
    Hadirnya Virtual Agents ini mengalami kemajuan yang luar biasa perihal ‘mesin obrolan’, kemajuan teknologi dan inovasi dari teknologi ini makin diperhitungkan. Virtual Agents banyak digunakan sebagai layanan pelanggan dan dukungan. Beberapa perusahaan yang menyediakan agen virtual meliputi Amazon, Apple, Solusi Buatan, AI Assist, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.
  5.  Decision Management
    Nantinya kecerdasan buatan akan mampu mengenalkan aturan dan logika dan dapat digunakan untuk penyiapan awal / pelatihan, pemeliharaan dan penyetelan yang berkesinambungan. Teknologi ini akan banyak digunakan di berbagai macam aplikasi perusahaan, membantu atau melakukan pengambilan keputusan secara otomatis. Beberapa perusahaan yang sudah menyediakan adalah Advanced Systems Concepts, Informatica, Maana, Pegasystems, UiPath.
  6.  AI-Optimized Hardware
    Perusahaan melakukan investasi besar-besaran terhadap kecerdasan buatan dengan model desain perangkat keras, bertujuan untuk mempercepat akselerasi aplikasi generasi berikutnya. Unit pengolahan grafis (GPU) dan peralatan yang dirancang khusus secara efisien untuk menjalankan pekerjaan komputasi berorientasi AI. Beberapa perusahaan yang berfokus pada AI-Optimized Hardware adalah Alluviate, Cray, Google, IBM, Intel, Nvidia.
  7.  Deep Learning Platforms
    Deep learning adalah bidang yang paling cepat berkembang dan menjadi tren baru dalam mempelajari mesin. Satu set algoritma yang menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk dipelajari dalam banyak level, sesuai dengan tingkat abstraksi yang berbeda. Beberapa aplikasi pembelajaran yang lebih jauh adalah pengenalan ucapan otomatis, pengenalan gambar / pengenalan karakter optik, NLP, dan klasifikasi / pengelompokan / prediksi hampir di semua struktur yang dapat dirasakan dan digitalisasi.
  8.  Robotic Process Automation
    Proses otomatisasi robot dimungkinkan berkat skrip dan metode yang meniru dan mengotomatisasi tugas dari manusia untuk mendukung proses perusahaan. Karena terlalu mahal dan tidak efisiennya jika dikerjakan oleh manusia untuk pekerjaan atau tugas tertentu maka teknologi ini sangat efisien. Kita perlu mengingat kecerdasan buatan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia, melainkan untuk melengkapi kemampuan mereka dan memperkuat talenta manusia.
  9.  Text Analytics and NLP
    Natural language processing (NLP) atau pengolahan bahasa secara alami, berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa manusia. Teknologi ini menggunakan analisis teks untuk memahami struktur kalimat yang diterima, serta makna dan niatnya, melalui metode statistik dan pembelajaran mesin.
  10.  Biometrics
    Teknologi ini berkaitan dengan identifikasi, pengukuran dan analisis aspek fisik struktur tubuh, bentuk dan perilaku manusia. Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih alami antara manusia dan mesin, termasuk interaksi yang terkait dengan sentuhan, citra, ucapan dan pengenalan bahasa tubuh. Teknologi ini sekarag sudah banyak digunakan untuk riset pasar. Pemasok teknologi ini meliputi 3VR, Affectiva, Agnitio, FaceFirst, Sensory, Synqera dan Tahzoo.

Related posts

Leave a Comment