Daftar Negara Dengan Angka Kriminalitas Terendah Di Dunia

Dalam suatu negara keamanan adalah salah satu aspek kehidupan bernegara yang penting. Semua kegiatan ekonomi, pendidikan, pemerintahan dan lain sebagainya tentunya sangat berpengaruh dari keamanan. Jika keamanan rendah ataupun tingkat kriminalitas yang tinggi, maka orang pun akan takut untuk beraktifitas. Tidak ada orang di dunia ini yang ingin tinggal di tempat yang memiliki tingkat kriminalitas tinggi. Ada 7 negara di dunia yang memiliki angka kriminalitas sangat rendah yang tentu saja membuat warganya hidup dalam perasaan nyaman dan tentram.

7 Negara Dengan Angka Kriminalitas Terendah Di Dunia :

  1. Swiss
    negara swiss
    Peringkat pertama adalah Swiss. Negara ini sudah tidak perlu mempertanyakan lagi merupakan negara yang memiliki tingkat kriminalitas terendah di dunia. Memiliki pemandangan yang indah, suasana sejuk, dan nyaman. Pada dasarnya warga Swiss sangat menghormati hukum yang berlaku. Negara yang terkenal dengan kelezatan coklat dan jamnya tersebut tidak hanya memiliki tingkat kriminalitas yang rendah, Swiss juga dikenal sebagai negara yang cinta damai. Hampir tidak ada negara di dunia yang memiliki konflik dengan Swiss. Sekalipun ada aksi kriminal, pelakunya bukanlah warga lokal, melainkan kebanyakan pendatang.
  2. Singapura
    negara singapura
    Peringkat kedua adalah salah satu negara di Asia, yaitu Singapura. Negara dengan luas wilayah kecil ini memang sangat aman, bisa dilihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung kesana dalam satu tahun. Tindakan kriminalitas di Singapura sangat rendah. Warga Singapura sendiri memang terkenal akan ketertibannya dan kepatuhannya terhadap hukum. Rasio terjadi tindak kriminal hanya 0,3 per 100.000 warga. Pemerintah Singapura sangat tidak mentolerir akan tindakan yang melanggar hukum. Bahkan jika ada orang yang membuang sampah sembarangan saja dikenakan denda yang sangat tinggi.
  3. Hong Kong
    negara hongkong
    Berikutnya adalah Hong Kong, sebuah negara yang penduduknya cukup sering mengakses internet. Hong Kong memiliki angka kriminalitas yang sangat rendah. Rasionya hanya 0,2 pembunuhan per populasi yang terdiri dari 100.000 orang. Bahkan tindak kriminal ringan seperti pencurian dan perampokan sangat jarang ditemukan. Dengan rendahnya angka kriminalitas, membuat Hong Kong pantas masuk dalam daftar negara teraman di dunia.
  4. Bahrain
    negara bahrain
    Bahrain memiliki keamanan yang super ketat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya polisi yang berjaga di negara tersebut. Untuk sekitar 100.000 rumah penduduk, tercatat diawasi oleh 1900 anggota polisi. Bahrain sangat jarang terjadi tindak kriminalitas. Memang tidak semua wilayah Bahrain aman, ada beberapa daerah kuno atau daerah pinggiran setidaknya masih ada terjadi pencurian dan perampokan. Tapi bagaimanapun juga, Bahrain masih dianggap sebagai negara dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia.
  5. Luxembourg
    negara luxembourg
    Luxembourg merupakan negara yang sangat menarik untuk dibahas. Dengan luas 2.589 m2, total penduduknya kurang lebih 600.000 orang. Luxembourg menjadi negara yang sangat cocok bagi yang tidak suka dengan keramaian. Diyakini pula angka kriminalitas di negara ini sangat kecil. Luxembourg juga disebut sebagai negara paling bahagia di dunia. Angka kriminalitasnya hampir menyentuh angka 0 di beberapa tahun terakhir.
  6. Jepang
    negara jepang
    Negara dengan kuliner yang nikmat, negara yang kaya akan kebudayaan, dan negara yang pernah 2 kali diserang bom atom, itulah Jepang. Salah satu negara di Asia ini merupakan magnet bagi para turis, termasuk orang Indonesia sendiri banyak yang tertarik dengan Negeri Sakura tersebut. Kepopuleran Jepang tersebut didukung juga dengan keamanan yang diberikan oleh pemerintah terhadap warga dan juga untuk wisatawan. Angka kriminalitas yang terjadi di Jepang sangat kecil. Perbandingannya hanya 0,4 kasus pembunuhan per 100.000 orang. Warga Jepang sepenuhnya percaya dengan kinerja para polisi yang berjaga di sejumlah tempat. Sekitar 100.000 rumah dijaga lebih dari 200 polisi setiap harinya.
  7. Irlandia
    negara irlandia
    Negara ini memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Hanya sekitar 0,32 kejadian pembunuhan terjadi di setiap 100.000 orang. Irlandia dianggap sebagai salah satu negara aman di Eropa Barat sejak tahun 1998. Memiliki tingkat kriminalitas yang rendah bukan berarti peran polisi tidak dibutuhkan. Peran polisi masih tetap dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Per 100.000 orang di Irlandia dijaga dan diawasi oleh lebih dari 300 polisi.

Related posts

Leave a Comment