Daftar PC Atau Personal Komputer Yang Sempat Populer

Penemuan komputer terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu, awalnya komputer yang ada di dunia hanyalah perangkat yang benar-benar terlihat layaknya sebuah mesin biasa. Fungsi alat tersebut juga sangat sederhana, yakni digunakan sebagai alat bantu hitung yang urusannya terkait erat dengan perhitungan matematika.

Pun demikian, justru penemuan komputer berupa mesin itulah yang menjadi cikal-bakal munculnya ide untuk menciptakan perangkat yang lebih canggih di masa depan. Jadi jika alat-alat ini tidak pernah ditemukan, maka kemungkinan besar komputer yang biasa kita lihat saat ini juga tidak akan pernah eksis di dunia.

Berikut ini daftar PC atau Personal Computer yang sempat populer :

  • TIMEX SINCLAIR 1000
    timex sinclair 1000 system
    Pada tahun 1981, Sinclair merilis sebuah komputer yang harganya termasuk masih bisa dibilang “Gila” pada 30 tahun kemudian yakni : USD 99.95. Timex Sinclair 1000 atau yang juga dikenal dengan ZX81, memiliki ukuran yang kecil dengan sistem BASIC, RAM nya hanya 2KB, prosessor nya 3.25 MHz. Meski termasuk lambat untuk standard era 1981’an, namun harganya yang hampir mencapai 100 Dollar itu membuat komputer ini mendapatkan penilaian positif tersendiri khususnya untuk yang berhobi dan yang tak mau menghabiskan seribu dollar untuk sebuah PC.
  • TANDY TRS-80
    tandy trs 80
    Perusahaan ini menjual komputer dengan merk tersendiri. Dan nyatanya menuai sukses yang besar. Pada tahun 1970’an, ketika kaset pita (bukan floppy disk / disket) beredar di pasaran sebagai media penyimpanan berukuran sedang untuk komputer, Tandy menempatkan sebuah PC yang disebut dengan TRS-80. Berkat TRS-80, nama Tandy menjadi sebesar dan sepopuler IBM atau Apple yang merajai pasar PC pada 1980’an.
  • MSX
    msx
    Sementara AS dan pasar Eropa dikuasai oleh perusahaan-perusahaan seperti IBM, Sinclair dan Apple, Jepang memiliki raksasa hardware nya sendiri pada tahun 80’an. MSX adalah komputer yang unik, karena namanya yang bisa berarti kepanjangannya Microsoft Extended Basic atau Machines with Software Exchangeability yang sebenarnya terkait dengan jumlah sistem operasi yang hampir sama yang dibuat oleh perusahaan Jepang seperti Toshiba dan Sony.
  • NEC PC-98
    nec pc 98
    Sementara MSX yang populer dengan perangkat keras yang standar, PC-98 milik NEC menuai keberhasilan yang luar biasa dengan caranya sendiri. Dirilis pada 1982, PC-98 memiliki prosesor Intel 8086 5 MHz pada CPU nya, ditambah memiliki 2 display controller dan RAM 128KB. PC-98 merupakan komputer terkuat pada saat itu, dan NEC menguasai pasar komputer di Jepang sebesar 50% dari keseluruhan pasar.
  • iMAC
    imac
    iMac, pasti udah banyak yang tau tentang komputer yang satu ini, iMac adalah pengecualian dalam hal komputer modern yang mana tak ada satu tipe pun yang cukup unik atau cukup populer untuk menyainginya pada komputer era 70 dan 80’an. Ketika mereka merilis iMac pada tahun 1998, mereka menunjukkan tampilan yang penuh warna dengan maksud mengkritik warna PC pada umumnya yang hanya abu-abu atau hitam. Saat ini, Apple sudah beralih dari warna-warna candy untuk iMac, akan tetapi fitur dan segalanya tentang iMac tetap tak berubah. Simpel, desain all in one yang menggabungkan semua komponen komputer ke dalam sebuah monitor, mudah dipindahkan dan dibawa, juga mudah digunakan.
  • COMMODORE AMIGA 500
    commodore amiga
    Amiga 500, dirilis pada tahun 1987, diikuti oleh kesuksesan komputer seperti Commodore 64 dan Apple II. Komputer ini adalah tipe baru, lebih cepat dan lebih baik. Amiga 500 membuat terobosan dari 8 bit CPU sampai 32 bit dan dengan kecepatan 7 MHz. Komputer ini dilengkapi dengan RAM 512KB, mampu mendukung hingga 4096 warna dan floppy drive internal 3.5 inchi. Harga pada saat dirilis sebesar USD 700.
  • APPLE II
    apple-ii
    Pada tahun 1977, Apple merilis Apple II. Komputer Apple yang memiliki harga sedikit lebih mahal dari Sinclair untuk harga awalnya, sekitar USD.1.300. Apple II menuai kesuksesan yang luar biasa, dibangun berdasarkan desain Apple I yang tetap mempertahankan prosessor 1MHz dan RAM 4KB dan dengan penambahan casing dan keyboard.
  • ZX SPECTRUM
    zx spectrum
    Perusahaan komputer lain seperti Sinclair yang menuai kesuksesan di AS bersama Timex Sinclair 1000 nya, kontribusi terbesar pada industri ini adalah ZX Spectrum, diluncurkan beberapa tahun setelah 1982. Desainnya terlihat mirip, hanya saja komputer ini cukup kecil, (dengan harga 125 Euro di Inggris), sistem operasinya sangat bisa dihandalkan dengan penyatuan keyboard di casingnya. Spectrum adalah komputer yang handal daripada pendahulunya, berkat RAM 16KB nya dan keyboardnya.
  • IBM PC 5150
    ibm pc 5150
    Komputer berbasis Intel, dengan sistem operasi Windows yang telah mendominasi pasar sejak 1990’an terlahir dari IBM PC yang dirilis pada 1981 dengan prosessor 4.77 MHz Intel 8088 dan RAM 16KB. IBM Model 5150 bukanlah usaha terakhir dari perusahaan ini untuk masuk ke pasar personal komputer. Mereka sempat merilis komputer mahal pada tahun 1975. Sistemnya bukan merupakan yang tercepat, tapi telah dilengkapi prosessor Intel 16-bit daripada prosessor 8-bit yang banyak dipakai kebanyakan komputer saat itu. Meski menggunakan chip baru, prosessor 8088 menggunakan bus 8-bit, membuatnya kompatibel dengan penambahan memori.
  • COMMODORE 64
    commodore 64
    Commodore 64 adalah sistem komputer mandiri populer yang pernah dibuat. Dirilis pada tahun 1982, Commodore 64 memiliki prosessor 1 MHz pada CPU nya dan terdapat 2 fitur lain, sound chip yang kuat serta grafik yang baik untuk komputer era 1982. Yang menarik, Commodore 64 harganya masih terjangkau, USD 595 dan memiliki RAM 64KB. Commodore juga bisa dihubungkan pada TV, membuatnya tampak seperti gabungan komputer dan konsol video game.

Related posts

Leave a Comment