Daftar Perusahaan Game Dengan Nilai Kapitalisasi Tertinggi Di Dunia

Sejak awal kelahiran video game sekitar 40 tahun lalu, dan diiringi dengan kemajuan teknologi, video game / game sudah berkembang pesat sekali. Sehingga hingga saat ini, kita bisa memainkan game-game yang jauh lebih canggih dibandingkan generasi pendahulunya. Dibalik perkembangan game saat ini tidak terlepas dari peran para pembuat game yang sangat ahli dari berbagai macam perusahaan pembuat game sehingga mampu menciptakan game-game yang berkualitas.

Berikut ini daftar 10 perusahaan pembuat game dengan nilai jual paling tinggi di dunia :

  1. Sony Computer Entertainment
    Siapa yang tidak kenal Sony Computer Entertainment, perusahaan yang membuat game konsol Sony Playstation. Mereka adalah pengembang video game paling top, dengan game paling populer seperti God of War, sebuah petualangan epik yang berdasarkan mitologi Yunani, dengan 6 sekuel, atau Gran Turismo, yang menjadi game terlaris perusahaan sejak 1997.
    Tafsiran nilai jual : $13,4 Milyar
  2. Microsoft Studios
    Microsoft Studios dibentuk pada tahun 2002 hasil kerjasama dengan Xbox, dan menjadi raksasa di bidang teknologi, Microsoft memiliki popularitas besar karena konsol game permainan yang mereka buat. Permainan mereka tersedia untuk Windows PC dan juga Smartphone. Game yang paling terkenal adalah Halo, permainan first person shooter, yang telah menjadi ikon dari Xbox sejak tahun 2001. Dengan 60 juta unit yang terjual, Halo telah memberikan kontribusi sekitar $3.4 Milyar dari Microsoft Studio.
    Tafsiran nilai jual : $12,82 Milyar
  3. Nintendo
    Nintendo memiliki sejarah yang panjang selama 125 tahun, dan telah berkecimpung di semua jenis permainan, dari permainan kartu sampai video game. Tapi game yang paling fenomenal adalah tukang ledeng bernama Mario yang mempunyai misi pencarian untuk menyelamatkan Princess Peach tercinta dari Bowser, Raja Koopa, dalam permainan mereka Super Mario Bros. Nintendo telah menunjukkan sebuah revolusi dalam bermain game ditandai dari Nintendo Entertainment System, dengan hadirnya Super Nintendo dan Game Boy juga Wii dan Wii U, dengan franchise nya seperti Mario, Pokemon, The Legend of Zelda, dll.
    Tafsiran nilai jual : $6,28 Milyar
  4. Sega
    Sega melejitkan namanya dalam industri video game dengan menciptakan Sonic the Hedgehog. Sega saat ini memfokuskan bisnis dengan berkolaborasi bersama perusahaan lain. Sekarang mereka bermitra dengan mantan pesaingnya yaitu Nintendo, dan telah meluncurkan sebuah tren baru semua judul Crossover, seperti franchise dari Mario dan Sonic.
    Tafsiran nilai jual : $4,9 Milyar
  5. Activision Blizzard
    Activision bergabung dengan Vivendi Games pada tahun 2008, dan menjadi Activision Blizzard. Kombinasi kekuatan gabungan yang menjadikan perusahaan ini sebagai konglomerat dalam industri game. Franchise mereka yang paling terkenal adalah seri Call of Duty, lalu ada Halo. Nama besar lainnya oleh Activision Blizzard adalah World of Warcraft, role-playing game yang paling terkenal.
    Tafsiran nilai jual : $4,85 Milyar
  6. Namco Bandai
    Namco adalah perusahaan Jepang yang bisnis utamanya adalah taman hiburan dengan permainan arcade berskala besar. Namco menciptakan Pac-Man yang menjadi karakter arcade game favorit pada 1980-an, mereka kemudian mengakuisisi Atari dan bermitra dengan Nintendo. Setelah sempat break dari pengembangan video game, mereka bergabung dengan Bandai pada tahun 2005 dan menciptakan seri populer seperti Tekken dan Naruto.
    Tafsiran nilai jual : $4,74 Milyar
  7. Electronic Arts
    Electronic Arts tentunya adalah nama favorit di kalangan gamer yang suka video game berbasis olahraga. Perusahaan ini juga telah menciptakan game populer lainnya seperti Need for Speed, Medal of Honor, The Sims, dan Command and Conquer. Bergerak menjadi pengembang game konsol dari game PC, dan menciptakan berbagai fitur seperti Mass Effect untuk Xbox dan Playstation. LucasArt dan EA bekerjasama untuk memproduksi Star Wars: Knights of the Old Republic.
    Tafsiran nilai jual : $4,14 Milyar
  8. Konami
    Perusahaan ini memiliki banyak produk dan layanan, seperti game arcade, mesin slot, kartu perdagangan dan bahkan manajemen klub kesehatan. Konami adalah pengembang video game, yang merupakan produk unggulan dari perusahaan ini. Konami ada di balik game horor Silent Hill dan Castlevania, dan pencipta game action seri Metal Gear dan seri arcade musik Dance Dance Revolution. Silent Hill diadaptasi kedalam film pada tahun 2005, dan dibintangi Naomi Watts. Dan tentunya game sepakbola paling populer : Pro Evolution Soccer.
    Tafsiran nilai jual : $3,24 Milyar
  9. Ubisoft
    Sebuah perusahaan dari Perancis yang didirikan oleh Guillemot bersaudara pada tahun 1986, dimulai sebagai distributor game untuk EA, Micropose dan Sierra On-Line, dan kemudian mulai mengembangkan game pada tahun 1990, dimulai dengan EverQuest, dan sekarang memiliki judul populer seperti Assassin Creed, Splinter Cell, Rainbow Six, Ghost Recon dan Prince of Persia.
    Tafsiran nilai jual : $1,84 Milyar
  10. Square Enix
    Square Enix adalah perusahaan game yang merilis game Final Fantasy, Kingdom Hearts dan Dragon Quest. Lebih dari 110 juta kopi dari seri Final Fantasy telah terjual sampai saat ini, yang merupakan hasil penjualan terbaik dari perusahaan ini. Bekerjasama dengan Disney, mereka menciptakan Kingdom Heart, yang terjual lebih dari 20 juta kopi pada tahun lalu. Perusahaan ini sekarang memiliki game populer lainnya yaitu Tomb Raider setelah membeli dari Eidos pada tahun 2009.
    Tafsiran nilai jual : $1,26 Milyar

Related posts

Leave a Comment