Daftar Pesulap Terkenal Dan Legendaris Di Dunia

Sulap merupakan suatu seni pertunjukan yang diminati sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap dapat membuat heran penontonnya akan rahasia di balik penyajiannya. Sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dll dan merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada.

Ada banyak pesulap terkenal dari seluruh dunia termasuk di Indonesia. Mereka menciptakan berbagai trik, pertunjukan dan juga karakter yang unik. Kemudian ada banyak jenis sulap atau aliran karena semakin berkembangnya seni pertunjukan ini. Berikut ini merupakan daftar pesulap legendaris yang memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan dunia sulap.

  • David Copperfield
    david copperfield
    Banyak orang menyebut David Copperfield sebagai pesulap terbaik sepanjang masa, yang berjaya pada akhir abad 20 dan di awal abad 21. Hal itu masuk akal, karena Copperfield sering menampilkan atraksi sulap yang fantastis dan diluar akal sehat. Beberapa aksi sulap paling fenomenal yang pernah ditampilkan David Copperfield diantaranya adalah menembus tembok besar China, menghilangkan patung Liberty, aksi meloloskan diri dari Air Terjun Niagara, melayang di atas Grand Canyon, dan masih banyak serangkaian aksi sulap hebat lainnya.

    Pada awalnya, dia mulai belajar sulap pada usia 10 tahun dengan nama panggung ‘Davino – The Boy Magician’. Setelah itu, Copperfield mulai bermain sulap panggung professional saat pertengahan tahun 1970-an. Selain bermain sulap, Copperfield juga mendirikan sebuah museum sulap sebagai bentuk apresiasi dan upaya melestarikan berbagai jenis seni sulap. Museum tersebut didirikan di Los Angeles, Nevada dengan nama “International Museum and Library of The Conjuring Arts”. Museum ini juga dibangun untuk memberikan motivasi bagi para pesulap lainnya untuk tetap kreatif dalam menciptakan trik – trik baru yang tentunya lebih hebat dan inovatif.

  • Harry Houdini
    harry houdini
    Erik Weisz atau lebih dikenal dengan nama Harry Houdini adalah salah satu pesulap yang terkenal dengan kemampuannya dalam meloloskan diri dari situasi yang tidak masuk akal atau dalam istilah sulap disebut Escapology. Salah satu aksinya yang paling terkenal adalah meloloskan diri dari borgol khusus yang membelenggu semua tubuhnya dimulai dari kaki tangan lengan hingga kepala dalam sebuah pertunjukan pertunjukan Chinese Water Cell. Tubuh Houdini saat itu digantung terbalik di lemari kaca berisi air penuh, dan secara mengejutkan dia mampu meloloskan diri.

    Houdini memulai karirnya pada tahun 1891 sebagai pesulap sirkus yang kerap bermain sulap kartu, sehingga ia dijuluki “King of Cards”. Lambat laun, Harry Houdini mulai mendalami dan mempraktekkan beberapa trik sulap meloloskan diri secara luar biasa, pada saat itu belum ada pesulap yang mampu menunjukkan trik tersebut. Karena itulah Harry Houdini mendapat julukan sebagai “Kakek” dari seni Escapology, seni sulap meloloskan diri yang akhirnya membesarkan namanya.

  • David Blaine
    David Blaine
    David Blaine memulai karir sulapnya di panggung jalanan melalui acara televisi stasiun ABC berjudul “David Blaine: Street Magic”. Dalam acara tersebut, Blaine kerap menampilkan trik – trik sulap lansung  di depan para pejalan kaki di perkotaan. Street Magic atau yang bisa disebut sulap jarak dekat ini merupakan teknik sulap yang tidak biasa karena dilakukan di tempat umum dan dilihat oleh banyak orang dari jarak dekat. Bisa dibilang teknik ini jauh lebih sulit dibandingkan sulap panggung yang banyak didominasi trik – trik dan dengan bantuan alat – alat canggih.

    Selain sulap jalanan, Blaine juga pernah menampilkan sulap di atas panggung dengan trik yang luar biasa. Beberapa trik sulap ekstrem yang pernah dilakukannya yaitu pertunjukkan “Vertigo” yang menampilkan aksi ketahanan tubuhnya saat berdiri selama 35 jam di sebuah tiang setinggi 30 meter. Kemudian menampilkan pertunjukan “Buried Alive” yaitu Blaine menghabiskan waktu seminggu untuk dikubur hidup – hidup di dalam sebuah tangki air dengan berat 3.5 ton. Aksi lainnya yang tak kalah mencengangkan adalah saat pertunjukan “Frozen in Time” dimana saat itu ia dibekukan di dalam sebilah es dengan rekor waktu selama 63 jam 42 menit dan 15 detik.

  • Criss Angel
    criss angel
    Criss Angel mulai bersinar sejak tampil dalam acara televisi bertajuk “Criss Angel: Mind Freak”. Dalam acara tersebut, Criss Angel menampilkan trik – trik sulap ilusi jarak dekat yang sangat mencengangkan dan cenderung mengerikan. Beberapa diantaranya membelah tubuh penontonnya menjadi dua bagian di sebuah taman hingga penonton tersebut berlari ketakutan dengan separuh badannya, meloloskan diri dari ledakan bom C4, menghilangkan mobil Lamborghini, terbang menyeberangi dua buah gedung, memotong dirinya menjadi dua secara langsung, dilindas oleh kendaraan Steamroller, berjalan di atas air, menembus pintu besi, dan banyak trik sulap mencengangkan lainnya.

    Penampilan luar biasanya dalam acara televisi tersebut akhirnya berhasil membuat acara tersebut sukses besar dan diminati oleh banyak penonton di seluruh dunia. Terlebih lagi aksi sulapnya mampu mengundang decak kagum sekaligus menimbulkan rasa ngeri bagi penonton. Criss Angel adalah salah satu pesulap handal yang pernah mendapatkan penghargaan “Merlin Awards” yaitu penghargaan khusus untuk para pesulap sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya bagi perkembangan dunia sulap.

  • Lance Burton
    Lance Burton
    Berpenampilan elegan, flamboyan, dan selalu perfeksionis dalam setiap pertunjukannya diatas panggung. Itulah karakter khas yang paling tepat untuk menggambarkan sosok Lance Burton. Berbeda dengan kebanyakan pesulap modern yang kebanyakan mengandalkan trik kamera, Lance Burton benar-benar menunjukkan hal  yang berbeda dengan kemampuan sulapnya yang luar biasa. Teknik permainan kartu dan teknik – teknik sulap klasik lainnya terlihat sempurna.

    Lance Burton memulai karir sulapnya di usia 5 tahun ketika ia diminta menjadi sukarelawan untuk maju pada sebuah pertunjukan sulap Harry Collins, yang kemudian menjadi guru sulapnya. Selain mendalami sulap klasik, Lance Burton juga beberapa kali sering menampilkan sulap ilusi. Salah satu aksinya yang paling terkenal adalah ketika berhasil mempertunjukkan aksi melepaskan diri dan menghilang dari ikatan sebuah roller coaster tercepat di dunia, atau yang disebut pertunjukan “Desperado”. Melalui keahliannya yang sangat memukau dalam permainan kartu, sulap klasik dan aksi panggungnya, Burton akhirnya pernah dua kali dinobatkan sebagai magician terbaik dunia oleh Academy of Magical Arts.

Related posts

Leave a Comment