Daftar Project Google Yang Berguna Untuk Masa Depan

Siapa yang tidak kenal dengan Google? Raksasa teknologi yang hampir semua pengguna internet pasti menggunakan salah satu produknya.

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang menyediakan jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Tapi apakah Anda mengetahui, kalau diluar itu semua Google juga memiliki banyak anak perusahaan yang bergerak dibidang tertentu dan berinovasi? Sampai saat ini ada banyak inovasi di dalam penerapan teknologi oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Berikut ini tujuh diantaranya :

  1. Proyek Loon
    project loon
    Proyek Loon adalah proyek penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh X (sebelumnya Google X) dengan misi menyediakan akses internet untuk daerah pedesaan dan terpencil. Proyek ini menggunakan balon dengan ketinggian tinggi ditempatkan di stratosfer pada ketinggian sekitar 18 km untuk membuat jaringan nirkabel udara dengan sampai kecepatan 4G-LTE. Google sendiri menemukan gagasan ini untuk menyediakan akses Internet untuk sisa dari 5 miliar penduduk dunia yang belum mendapatkan akses internet. Bahkan rencananya di Indonesia akan menjadi salah satu negara yang akan menggunakan Loon ini.
  2. Proyek Titan
    Project Titan
    Google membeli sebuah perusahaan bernama Titan Aerospace pada tahun 2014. Perusahaan ini telah mengembangkan drone bertenaga surya yang bisa terbang selama beberapa hari pada suatu waktu dan mengambil gambar bumi. Sayangnya proyek ini telah dimatikan oleh Google pada Januari 2017.
  3. Pil Pendeteksi Kanker
    pil pendeteksi kanker
    Salah satu anak perusahaan Google, X (sebelumnya Google X) tengah meneliti pil pendeteksi kanker. Saat ini tim peneliti mengembangkan partikel magnetik yang bisa menempel pada sel, protein, atau molekul lainnya. Tidak hanya itu, Google X juga mengembangkan perangkat wearable yang akan menggunakan magnet untuk menghitung partikel dalam tubuh. Dengan sistem ini, pengguna akan mendapatkan notifikasi atau peringatan dini bilamana terdeteksi sel kanker di dalam tubuhnya.
  4. Mobil Otonomos
    mobil otonomos

    Kehadiran mobil otonomos atau mobil yang dapat berjalan tanpa pengemudi ini dipercaya bisa menyelamatkan nyawa jutaan orang di dunia. Mengapa? Menurut data, sebanyak 1,24 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat kecelakaan mobil setiap tahun.
    Dengan adanya mobil otonomos, Google berharap bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Menurut survei dari Eno Centre for Transportation, jika 90 persen mobil yang berjalan di jalan raya adalah mobil otonomos, angka kecelakaan di Amerika Serikat bakal menurun dari 6 juta hingga 1,3 juta per tahunnya.
  5. Makani Power
    Makani Power
    Makani Power adalah perusahaan yang berbasis di California, yang mengembangkan turbin angin udara dengan dukungan Google X dan Departemen Energi AS. Makani adalah pemimpin dalam pengembangan sistem ekstraksi tenaga udara angin. Makani didirikan pada tahun 2006 oleh Saul Griffith, Don Montague, dan Corwin Hardham. Tujuan utama dari perusahaan ini adalah membuat energi terbarukan yang lebih murah daripada Coal.
  6. California Life Company
    California Life Company
    Salah satu anak perusahaan Google, Calico atau California Life Company saat ini sedang melakukan penelitian mengenai gen manusia. Dengan penelitian ini, nantinya Google berharap bisa memperpanjang usia hidup seseorang. Sayangnya, belum terlalu banyak informasi yang beredar mengenai apa yang sebenarnya sedang dikerjakan oleh Calico ini.
  7. AlphaGo
    alphago
    AlphaGo adalah sebuah program komputer AI (kecerdasan buatan), dikembangkan oleh Google dan kemudian sempat dipertunjukkan di London untuk memainkan papan permainan Go. Pada bulan Oktober 2015, menjadi yang pertama kalinya bagi Program Komputer Go untuk mengalahkan pemain Go profesional manusia tanpa cacat pada papan berukuran 19 × 19.

Related posts

Leave a Comment