Deretan Emulator PS1 Atau PSX Untuk Windows

Emulator adalah perangkat lunak atau program yang meniru komputer, program lain atau perangat lain. Sebagai contoh, emulator memungkinkan untuk menjalankan Windows di komputer Mac dan sebaliknya. Begitupun juga emulator untuk meniru konsol game yang bisa dipasang di komputer/laptop.

Bagi generasi 90an yang ingin bernostalgia memainkan game PS1 atau PSX di komputer/laptop, silakan pilih salah satu emulator di bawah ini:

  1. ePSXe
    ePSXe dianggap sebagai emulator PlayStation 1 nomor 1. Kebanyakan game bisa dimainan dengan sempurna. Anda dapat memainkan game melalui CD-ROM atau melalui ISO. ePSXe adalah emulator berbasis plug-in, dan tugas Anda untuk mengumpulkan dan mengonfigurasi plug-in yang mengontrol video dan audio. Dengan plug-in OpenGL Pete (dan lainnya), ePSXe dapat membuat grafik 3D lebih tajam daripada yang asli.
    Download di sini.
  2. Mednafen
    Mednafen adalah emulator portable, menggunakan emulator multi-sistem berbasis OpenGL dan SDL, argumen (command-line). Mednafen memiliki kemampuan untuk memetakan kembali fungsi hotkey dan input sistem virtual ke keyboard, joystick, atau keduanya secara bersamaan. Cuplikan layar dapat diambil, dalam format file PNG, dengan menekan tombol. Mednafen dapat merekam film audiovisual dalam format file QuickTime, dengan beberapa codec lossless berbeda yang didukung. Selain PSX, emulator ini juga mendukung konsol game lain.
    Download di sini.
  3. RetroArch
    RetroArch adalah sebuah emulator, mesin game, dan pemutar media. RetroArch memungkinkan Anda untuk menjalankan game klasik di berbagai komputer dan konsol melalui antarmuka grafis yang apik. Pengaturan juga disatukan sehingga konfigurasi dilakukan sekali dan untuk semua. Selain itu, Anda akan segera dapat memainkan disk game asli (CD) dari RetroArch. RetroArch memiliki fitur-fitur canggih seperti shader, netplay, rewinding, dan banyak lagi! Emulator ini juga mendukung konsol game lainnya.
    Download di sini.

Ada beberapa emulator lagi yang bisa Anda coba, bahkan dengan ukuran yang cukup kecil. Namun emulator di atas adalah yang paling populer dan cukup ter-update.

Jika Anda berniat memainkan game dengan format iso, game-game PS1/PSX bisa download di sini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *