Deretan Stadion Bertaraf Internasional Di Indonesia

Sepakbola adalah cabang olahraga paling favorit di Indonesia, tentunya infrastruktur pendukung olahraga ini akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan sepak bola di negeri ini. Ada ratusan stadion yang tersebar di seluruh Indonesia, meskipun sebagian besar kurang bagus baik itu lapangan maupun tribun penonton. Tapi ada beberapa stadion bertaraf internasional yang dimiliki oleh Indonesia.

Berikut ini deretan stadion terbaik di Indonesia :

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno – Jakarta
    Stadion Gelora Bung Karno
    Sejak mulai dibangun pada tahun 1960, stadion megah ini sudah tiga kali berganti nama. Dari Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Utama Senayan, hingga kembali menjadi Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun, setidaknya ada satu hal yang tak pernah berubah dari stadion ini sejak pertama kali dibangun, yaitu stadion ini selalu menjadi altar tertinggi sepakbola Indonesia. Selain mampu menampung sekitar 110 ribu orang sewaktu pertama kali dibangun (sekarang menjadi 85 ribu), Stadion Utama Gelora Bung Karno juga memiliki desain yang tergolong unik. Konstruksi atapnya, yang disebut Temu Gelang, mirip dengan gelang Candrakirana, senjata Bima, salah satu tokoh pewayangan. Seluruh tribun di Stadion Utama Senayan pun tertutup oleh atap. Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan salah satu stadion terbaik di Asia Tenggara.
  2. Stadion Pakansari – Bogor
    stadion pakansari
    Stadion Pakansari memang hanya memiliki kapasitas 30.000 ribu tempat duduk, jauh lebih kecil daripada Stadion Utama Gelora Bung Karno, tetapi bukan tanpa alasan stadion ini menjadi primadona baru di Indonesia. Selain memiliki kualitas rumput kelas satu, tempat duduk di semua tribun Pakansari juga sudah menggunakan sistem single seater lengkap dengan penomorannya, seperti sebagian besar stadion-stadion di daratan Eropa. Karena berada di sekitar perbukitan, Stadion Pakansari juga tergolong sejuk. Aksesnya pun mudah, karena terletak tak jauh dari pusat kota Bogor.
  3. Stadion Maguwoharjo – Sleman
    stadion maguwoharjo
    Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas yang tergolong besar untuk ukuran stadion di Indonesia. Stadion yang menjadi markas klub PSS Sleman ini mampu menampung sekitar 40.000 penonton. Stadion ini sering dijuluki sebagai “Mini San Siro” karena kemiripan designya ini juga memiliki kualitas rumput kelas satu. Stadion Maguwoharjo menggunakan rumput jenis Zoysia Matrella (ZM). Jenis rumput ini merupakan rumput paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola. Sistem drainase Stadion Maguwoharjo pun sangat baik. Karena stadion ini masih mampu menyelenggarakan pertandingan dengan baik dalam kondisi hujan lebat.
  4. Stadion Gelora Bung Tomo – Surabaya
    stadion gelora bung tomo
    Stadion terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Bertempat di Surabaya yang termausk di dalam kompleks Surabaya Sport Center (SSC). Stadion ini diresmikan tanggal 6 Agustus 2010 dan merupakan salah satu stadion terbesar Indonesia yang memiliki kapasitas kurang lebih 55.000 tempat duduk. Rumput stadion sendiri di impor dari Swedia dan Belanda sedangkan sistem drainase sesuai dengan standar internasional. Dalam kondisi hujan deras pun lapangan ini tidak akan tergenang karena sistem penyerapannya sangat bagus dengan daya resap tinggi. Fasilitas stadion ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Memiliki 21 pintu masuk untuk mempermudah dan mempercepat arus keluar masuk penonton. Penerangan di Stadion Gelora Bung Tomo tidak kalah dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang memiliki lampu yang berkekuatan 1200 lux sebanyak 42 lampu dan dilengkapi dengan Scoring Board besar.
  5. Stadion Aji Imbut – Kutai Kartanegara
    stadion aji imbut
    Stadion Aji Imbut mempunyai arsitektur yang cukup unik. Stadion ini tidak mempunyai tribun di sebelah utara dan selatan. Lintasan atletik yang terdapat di pinggir lapangan pun berwarna biru, tidak seperti warna lintasan atletik kebanyakan. Keunikan Stadion Aji Rimbut pun masih ditambah dengan atap jenis membrane, mirip atap di Stadion Sapporo, Jepang, yang membentang di tribun timur dan barat. Dengan design yang unik serta fasilitas yang lengkap dan berstandard internasional, menjadikan stadion ini sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.
  6. Stadion Gelora Bandung Lautan Api – Bandung
    Stadion Gelora Bandung Lautan Api
    Stadion ini memiliki kualitas rumput nomor 1, selain itu Stadion Gelora Bandung Lautan Api juga mempunyai beberapa kelebihan lainnya. Tempat duduk di seluruh tribun sudah menggunakan sistem single seater, dan sebagian tempat duduknya sudah tahan api. Stadion berkapasitas lebih dari 30 ribu penonton ini juga memiliki e-board, ruang anti peluru yang dapat digunakan untuk tamu-tamu penting, serta landasan helikopter.
  7. Stadion Batakan – Balikpapan
    stadion batakan
    Mulai dibangun pada tahun 2010 lalu, Stadion Batakan membutuhkan anggaran lebih dari Rp 1 triliun. Stadion yang setara bangunan lima lantai ini mampu menampung 42.000 orang penonton. Selain menggunakan jenis rumput zoysia matrella (zm), kelebihan lain yang dimiliki oleh Stadion Batakan adalah fasilitas-fasilitas penunjang yang terdapat di dalamnya. Ruang ganti para pemain tak jauh berbeda dengan ruang ganti di stadion-stadion eropa. Batakan juga mempunyai toilet yang tergolong nyaman. Stadion Batakan sendiri memiliki desain yang sangat mirip dengan Stadion Emirates, markas Arsenal.

Related posts

Leave a Comment