Facebook Perkenalkan Layanan Video Mirip Youtube

facebook watch

Facebook akan memiliki layanan baru untuk konten original yang  bisa diproduksi secara eksklusif oleh kreator konten yang bekerja sama dengannya. Tayangan ini akan ditampilkan pada sebuah tab baru di Facebook bernama ‘Watch’. Layanan video tersebut dibuat untuk menyaingi platform video milik YouTube dan bahkan dengan Netflix.

Ternyata, Facebook mulai tahun lalu bereksperimen dengan merilis fitur tab video untuk pengguna di Amerika Serikat. Kini, tab tersebut dibuat untuk mempermudah pengguna dalam memilih video dan pertunjukan yang disukainya. Selain bakal bersaing dengan YouTube, Facebook Watch juga bisa menjadi pesaing Netflix. Facebook bakal membuat beragam jenis tayangan, seperti reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa acara yang bakal ditayangkan di Watch juga bakal ada yang didanai langsung oleh Facebook.

Watch punya fitur rekomendasi tontonan yang bisa disesuaikan oleh penggunanya dengan beberapa pilihan tab seperti Most Talked About, What’s Making People Laugh serta Shows Your Friends Are Watching. Jenis tayangan dalam Facebook Watch berfokus pada empat hal, yakni tayangan langsung yang menghubungkan brand dengan fans, tayangan yang menarik fans dan komunitas, tayangan yang memiliki tema konsisten, dan tayangan langsung yang bisa mengumpulkan komunitas.

Ada juga fitur Watchlist yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan daftar video, sehingga kita selalu update dan tidak terlewat episode baru dari tayangan favorit. Para penggemar dari sebuah konten bisa saling terkoneksi melalui sebuah fitur yang menghubungkan tayangan tersebut ke group.

Fitur lainya bagu kreator konten adalah bisa membagi tayangan mereka ke News Feed Facebook sehingga mudah ditemukan oleh pengguna. Tentunya selain memperkaya konten, Facebook ternyata bisa meraup keuntungan dari iklan. Facebook Watch juga menyasar perusahaan atau publisher yang ingin menargetkan para pengguna Watch dan membangun komunitas aktif.

Platform Watch akan diuji coba Facebook untuk kalangan terbatas. Sejauh ini, Facebook baru merencanakan Watch bisa diakses oleh pengguna Facebook di Amerika Serikat. Namun, ke depannya Facebook berjanji membawa platform video Watch ke pengguna global.

Related posts

Leave a Comment