Galaxy Note 7 Versi Refurbished Kemungkinan Dijual Mulai Juni

galaxy note 7

Samsung ternyata tidak ingin Galaxy Note 7 mati begitu saja. Setelah terjadinya kasus baterai yang rentan terbakar sendiri atau meledak, kemudian Samsung melakukan penarikan semua perangkat Galaxy Note 7 secara global, baca di sini. Kini Galaxy Note 7 bakal dilahirkan kembali dalam edisi refurbished atau rekondisi. Tersebar kabar kalau ponsel itu akan dijual di Korea Selatan pada Juni mendatang.

Ada sekitar 300 ribu unit Galaxy Note 7 yang didaur ulang dan kemudian akan dijual di Korea Selatan, dibandingkan dengan 3-4 juta unit yang sebelumnya sudah ditarik secara global dari peredaran oleh Samsung. Pada kasus Galaxy Note 7 ini, Samsung memang melakukan penarikan secara global semua perangkat sebagai respon terhadap permasalahan baterai pada perangkat. Tentunya smartphone yang dikembalikan itu tidak seluruhnya dalam keadaan rusak atau cacat. 

Kabarnya ada ada tiga varian Galaxy Note 7R yang telah dizinkan beredar oleh FCC. Varian tersebut memiliki nomor model SM-N935S, SM-N935K, dan SM-N935L. Ketiga varian tersebut telah mendapat restu dari Federal Communications Commision (FCC). Artinya, keamanan perangkat rekondisi itu sudah diyakini aman untuk digunakan. Restu dari FCC juga bisa diartikan, selangkah lagi  Galaxy Note 7 versi rekondisi akan dijual oleh Samsung.

Ketiga model rekondisi ini memiliki satu perbedaan dibandingkan dengan model pendahulunya, yakni ukuran baterai yang lebih kecil. Galaxy Note 7R dibekali baterai 3.200 mAh, sedangkan pendahulunya 3.500 mAh. Perubahan ukuran baterai tersebut demi menjaga keamanan pengguna dan memastikan tidak akan terjadi masalah lagi. Selain baterai, Samsung Galaxy Note 7R dibekali spesifikasi serupa dengan Galaxy Note 7 pendahulunya.

Sampai saat ini pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu hanya mengungkap sedikit fakta soal Galaxy Note 7 versi rekondisi, namun diyakini salah satu tujuan penjualan tersebut, yaitu untuk mengurangi sampah elektronik yang akan berdampak pada lingkungan.

Di negeri asalnya itu, Galaxy Note 7 akan dijual melalui tiga operator seluler, sementara harga yang ditawarkan adalah sekitar USD 620 atau sekitar Rp 8,2 juta. Ini artinya, harga Note 7 versi daur ulang lebih murah sekitar USD 266 ketimbang versi aslinya.

Apakah Anda berminat?

Related posts

Leave a Comment