Google PhotoScan Merubah Foto Lama Menjadi Digital

google photoscan

Tim di belakang Google Photos telah merilis aplikasi baru untuk mengubah foto lama Anda yang sudah dicetak menjadi foto digital, kemudian memungkinkan Anda untuk menyimpannya secara cloud hanya dengan sekali tekan. PhotoScan, kini telah tersedia di iOS dan Android, memungkinkan Anda dengan cepat memindai sejumlah besar foto lama Anda dengan cepat. Permasalahan dari hasil scan yang sering terjadi saat ini adalah kualitas. Kualitas hasil foto mungkin sedikit lebih rendah daripada apa yang bisa Anda dapatkan dari scanner secara konvensional.

Pada prinsipnya, Google Photos memiliki misi sederhana: untuk menyimpan semua gambar atau foto Anda dengan mudah. Secara khusus, Google mengatakan ingin layanan ini untuk menjadi rumah bagi semua foto Anda, dan kemudian hari ini misi itu diperluas untuk mendukung foto-foto lama Anda terutama di tahun 90-an.

Tidak seperti aplikasi foto standar pada smartphone yang digunakan untuk mengambil foto dari foto yang sudah tercetak. Dimana menggunakannya sedikit rumit seperti trik untuk menghilangkan silau pada objek, proses scanning empat sudut, menghilangkan refleksi dan aspek lainnya yang menyebabkan kerusakan digital. Seperti aplikasi foto panorama, PhotoScan “menjahit” satu foto yang sebelumnya terdiri dari beberapa bagian yang dipecah, menghilangkan cahaya yang membuat silau pada sore atau malam hari. Aplikasi ini secara otomatis memotong, meluruskan dan memutar foto Anda, tetapi Anda dapat memutar dan menyesuaikan sudut setelah penangkapan jika diperlukan.

Setelah foto itu direkam, foto tersebut secara mudah ditambahkan ke pustaka Google Anda, di mana aplikasi ini menawarkan fitur face-recognition standar dan trik manual tambahan. Ini akan menjadi sebuah karya besar dari Google Photos, yaitu face-recognition. Perusahaan Google mendapatkan 200 juta pengguna dari awal tahun ini, tetapi tetap akan menghadapi persaingan yang signifikan dari pemain besar lainnya seperti Apple, Amazon, dan Facebook.

“Kita semua memiliki foto album lama yang ingin kita simpan selamanya. Tapi memindai satu foto dengan sempurna bisa memakan waktu yang lama, dan saat kita mencoba memotret foto dengan ponsel kadang ada silau dan warna yang tidak sesuai. Lewat teknologi PhotoScan, Google ingin memberikan cara yang lebih mudah,” kata Jingyu Cui, Software Engineer Google Photos dalam keterangannya.

Untuk lebih jelasnya, silakan klik di sini.

Related posts

Leave a Comment