Google Secara Resmi Memperkenalkan Android O

android O

Android saat ini adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone. Sehingga banyak pengguna yang menantikan fitur-fitur unggulan pada setiap rilis resmi dari versi terbarunya. Di panggung Google I/O 2017, Android O telah resmi diperkenalkan dan sejumlah kemampuan Android O pun diungkap. Google menjanjikan semua fitur terbarunya menghadirkan pengalaman mulus yang disebutnya Fluid Experiences.

Apa saja yang baru dari Android O? Setidaknya ada lima fitur menarik yang jadi andalan Google dalam sistem operasi Android terbaru.

Picture in Picture

Fitur ini sebenarnya sudah lebih dulu hadir di aplikasi YouTube. Fungsinya untuk meningkatkan produktivitas, di mana pengguna bisa membuka aplikasi baru sambil menonton Netflix atau YouTube pada layar yang lebih kecil. Jadi kita bisa bernavigasi ke aplikasi lain tanpa harus meninggalkan YouTube.

Notification Dots

Fitur ini merupakan tahap lebih lanjut dari mekanisme swipe down untuk melihat notifikasi pada aplikasi. Pengguna cukup menyentuh dan tahan pada ikon aplikasi, dan akan muncul quick preview berbentuk seperti speech bubbles. Titik ini hanya akan muncul ketika kita memiliki notifikasi yang belum dibuka.

Autofill Passwords

Fitur ini sebelumnya ada di Chrome, fungsinya untuk mempermudah pengguna ketika hendak login ke media sosial. Misalnya saja di Twitter atau facebook. Google akan mengisi username dan password secara otomatis, sehingga proses login tak memakan waktu lama karena kita tidak perlu lagi mengetik.

Smart Text Selection

Fitur yang memudahkan copy paste jadi lebih mudah dengan mengaplikasikan on device machine learning. Ketika kita hendak mem-blok suatu alamat, nomor telepon, atau restoran, pengguna tak perlu mem-blok kata per kata. Google akan mengenali frasa dan konteks, sehingga pengguna bisa mem-blok kata per kata (bukan satu kalimat) untuk disalin dan dipindahkan ke aplikasi lain.

Performa

Google menjamin Android O akan jauh lebih hemat daya baterai dari versi sebelumnya. Google telah melakukan optimasi pada sistem operasi Android secara serius.

Adapun versi beta dari Android O saat ini sudah dirilis. Daftar smartphone yang sudah dapat mencicipinya antara lain Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Pixel C, Pixel dan Pixel XL.

Related posts

Leave a Comment