Intel Meluncurkan Prosesor Paling Tangguh Core i9

Intel Core i9

Misteri kehadiran prosesor yang disebut-sebut akan setingkat lebih tinggi dari Core i7 resmi terjawab. Core i7 akhirnya pensiun sebagai prosesor desktop paling tangguh buatan intel. Intel telah meluncurkan prosesor tercepatnya saat ini bernamanya Core i9 di gelaran Computex 2017, di Taipei, Taiwan.

Hadirnya Core i9 merupakan sebuah jawaban Intel atas gosip atau isu yang telah cukup lama beredar. Disebutkan kalau Intel tengah menyiapkan prosesor varian baru yang posisinya lebih tinggi dari Core i7. Raksasa chip ini pun menjawab isu tersebut seiring dengan diumumkannya Core i9. Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi para pecinta game dan kreator konten. Prosesor ini didesain untuk mereka yang haus akan tampilan visual beresolusi apik dan perangkat berkecepatan tinggi.

Terlepas dari performa tinggi yang ditawarka, daya tarik utama prosesor ini dipastikan terletak pada jumlah core yang tertanam di dalamnya. Tak tanggung-tanggung, jumlah core yang ditawarkan mencapai 18 core! Dengan adanya fitur Hyper Threading, jumlah tersebut pun dipastikan melonjak signifikan hingga 2 kali lipatnya, yakni 36 core! Sungguh sangat luar biasa.

Lebih lanjut, Intel mengklaim teknologi 18 core-nya akan mampu menjawab kebutuhan akan Mixed Reality. Sebuah teknologi yang merupakan gabungan antara virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Bahkan dalam pengujiannya, Core i9 mampu menjalankan mixed reality sekaligus melakukan streaming ke portal switch tanpa ada masalah.

Secara keseluruhan ada lima varian Intel core i9. Masing-masing adalah core i9 dengan 10 inti, 12 inti, 14 inti, 16 inti, dan yang paling tangguh adalah 18 inti. Tapi untuk tahap awal penjualan, Intel hanya akan merilis Core i9 dengan inti 10 yang segera tersedia di pasaran. Prosesor ini memiliki kecepatan clock 3,3 GHz, disertai teknologi intel Turbo Boost Max yang mampu menaikkan kecepatan clock hingga 4,5 GHz. Intel core i9 berinti 10 ini memiliki memori L3 cache sebesar 13,75 MB yang mendukung RAM DDR4-2666 4 channel. Sementara total daya yang dibutuhkan untuk menjalankannya mencapai 140 watt. Harganya dilepas 999 dollar AS atau Rp 13,3 jutaan.

Selanjutnya, Core i9 dengan inti 12, 14, 16, dan 18 akan menyusul kemudian di pasar. Tentunya prosesor dengan 18 inti merupakan yang pertama kali ada di pasaran konsumer. Intel menghargai prosesor tersebut di angka USD 1999 atau setara Rp 26,6 juta. Anda akan merogoh kocek dalam-dalam, prosesor ini dibanderol Intel dengan harga mahal tapi sebanding dengan performanya.

Related posts

Leave a Comment