Iphone Merayakan Ulang Tahunnya Yang Ke-10

Selasa, tanggal 9 Januari 2007, merupakan tanggal yang tidak akan pernah dilupakan oleh Apple, bahkan oleh warga dunia. Kala itu, perusahaan pembuat komputer Mac dan iPod memperkenalkan iPhone, sebuah smartphone yang akhirnya mengubah industri ponsel sampai saat ini.

iPhone, ponsel ini yang kemudian menjadi trendsetter smartphone sekaligus cikal bakal keruntuhan nama besar seperti Nokia yang saat itu sedang jaya-jayanya. Bagaimana tidak, iPhone adalah ponsel pertama yang mampu menjalankan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, mendengar musik, dinavigasi dengan jari manusia dan hanya ada satu tombol home untuk mengoperasikannya.

Kehadiran iPhone langsung mengubah peta industri ponsel dunia. Melahirkan sebuah ekosistem digital yang mengintegrasikan hardware, software dan tentunya layanan. Hingga kini, iPhone masih mempertahankan citranya sebagai produk premium, inovatif, dan berdesain elegan.

iphone

Hingga saat ini, seri iPhone sudah terjual lebih dari satu miliar ke seluruh dunia. Jumlah ini tentu akan terus meningkat seiring Apple secara berkelanjutan merilis iPhone terbaru tiap tahunnya. Selama 10 tahun berkiprah, iPhone sudah muncul sebanyak 15 seri. Berikut ini penjelasan singkat tiap serinya :

  1. iPhone (Januari 2007)
    Ponsel ini menyita perhatian para pecinta teknologi di seluruh dunia. Untuk pertama kalinya ponsel hadir dengan layar yang besar dan navigasinya menggunakan mekanisme sentuhan.
  2. iPhone 3G (Juni 2008)
    iPhone generasi kedua dari Apple sudah mendukung koneksi 3G dan GPS. Pengguna bisa mengakses push e-mail dan mengunduh beragam aplikasi mobile di toko aplikasi Apple Store.
  3. iPhone 3GS (Juni 2009)
    Peningkatan dari seri sebelumnya. Misalnya prosesor yang lebih cepat, serta kamera dengan resolusi lebih tinggi untuk merekam video 480p.
  4. iPhone 4 (Juni 2010)
    Untuk pertama kalinya Apple menciptakan teknologi layar Retina yang membuat warna iPhone 4 jauh lebih tajam.
  5. iPhone 4S (Oktober 2011)
    Apple kembali memperbarui komponen prosesor dual-core dan kamera pada iPhone 4S. Terdapat layanan terbaru seperti iCloud, iMessage, Siri, Notification Center, Reminder, dan terintegrasi dengan Twitter.
  6. iPhone 5 (September 2012)
    Pada generasi kelima ini, iPhone juga sudah mendukung koneksi internet cepat 4G LTE.
  7. iPhone 5S (September 2013)
    Apple melakukan perubahan besar pada kamera, bukaan lensa dibuat lebih besar dengan dua unit lampu kilat LED. Ponsel ini menjadi yang pertama menggunakan prosesor dengan format 64-bit, serta dibekali sensor pemindai sidik jari.
  8. iPhone 5C (September 2013)
    Varian termurah dari seri iPhone 5S, tentu saja ada beberapa fitur yang dihilangkan atau dikurangi.
  9. iPhone 6 (September 2014)
    Apple mulai meninggalkan media penyimpanan berkapasitas 32 GB. Perangkat tersebut tersedia dalam kapasitas 16 GB, 64 GB, dan 128 GB.
  10. iPhone 6 Plus (September 2014)
    Varian Plus mengusung layar phablet 5,5 inci yang memnag tidak disukai oleh penciptanya (alm) Steve Jobs.
  11. iPhone 6S (September 2015)
    Dilengkapi teknologi 3D Touch atau serupa dengan Force Touch yang sebelumnya telah diperkenalkan pada produk Apple Watch. Pengguna dapat melakukan sentuhan ringan untuk satu fungsi dan menekan lebih keras untuk fungsi lainnya.
  12. iPhone 6S Plus (September 2015)
    Varian dengan layar lebih besar dari iPhone 6S.
  13. iPhone SE (Maret 2016)
    Secara garis besar iPhone SE merupakan perpaduan antara iPhone 5S dan 6S. Dalam artian, iPhone SE hadir sebagai ponsel kecil berspesifikasi besar.
  14. iPhone 7 (September 2016)
    Beberapa yang paling signifikan adalah fitur anti-air bersertifikasi IP67, dan penghapusan port audio 3,5 mm.
  15. iPhone 7S (September 2016)
    Varian dengan layar lebih besar dari iPhone 7 dan lensa kamera ganda.

Ulasan mengenai iPhone 7 silakan baca di sini.

Related posts

Leave a Comment