Komponen Penting Untuk Meningkatkan Kecepatan Tamiya Mini 4WD

tamiya mini 4wd

Mini 4WD adalah model miniatur mobil dalam skala kecil antara 1/20 sampai 1/48. Model mobil balap yang ditenagai oleh baterai AA, berbahan plastik, tanpa remote control. Keempat rodanya bergerak, sehingga sangat populer dengan istilah “4WD”. Roller horizontal di samping akan memandu kendaraan pada dinding lintasan, dengan kecepatan yang sangat cepat hingga 65 km / jam. Mini 4WD dijual di banyak negara seperti Jepang, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Filipina, Thailand, Indonesia, Malaysia, Italia, Amerika Serikat dan Belanda.

Para penghobi mini 4WD pasti sangat gemar untuk mengoprek mobil mereka, tentunya untuk menjadikannya lebih cepat. Berikut ini adalah komponen-komponen penting yang perlu diperhatikan untuk menambah kecepatan mini 4WD.

  1. Tipe Tamiya
    tipe tamiya
    Tidak selamanya Tamiya Mini 4WD yang paling kencang akan selalu menang dalam balapan di lintasan. Agar dapat melalui lintasan dengan cepat dan stabil, Anda harus membuat pengaturan yang berbeda juga. Tentukan tipe Tamiya sesuai dengan lintasan yang akan dipakai balapan. Jika lintasan lebih banyak jalur lurus, maka pengaturan yang untuk mendapatkan kecepatan tertinggi tentunya akan membantu. Namun jika ternyata banyak tikungan maka alangkah lebih baik jika memprioritaskan kestabilan Tamiya agar tidak keluar lintasan.
  2. Dinamo
    Tamiya dinamo
    Dinamo adalah mesin dari Tamiya, sehingga akan paling berpengaruh terhadap kecepatan. Ada beberapa macam dinamo yaitu: sedang, cepat dan sangat cepat. Semakin cepat dinamo maka semakin besar juga daya baterai yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Jika menggunakan menggunakan dinamo super cepat, secara otomatis tenaga dari baterai juga akan lebih cepat habis. Selain itu, jika menggunakan baterai dengan ampere kecil untuk dinamo super cepat, maka kecepatannya tidak akan maksimal.
  3. Baterai
    baterei tamiya
    Dalam sebuah balapan Tamiya, penggunaan baterai akan menjadi salah satu kunci kemenangan. Kalau sampai daya baterai habis maka kesempatan untuk melanjutkan balapan akan selesai. Pengaturan baterai ini menjadi strategi tersendiri bagi para pembalap, jangan sampai daya habis sebelum pertandingan usai.
  4. Ban
    ban tamiya
    Ban juga memiliki pengaruh yang besar untuk kemenangan. Ada 2 jenis ban yaitu ban karet dan ban busa. Ban karet memiliki keunggulan lebih awet, tetapi kekurangannya lebih berat dan mudah selip pada lintasan yang lembab. Ban busa memiliki keunggulan lebih ringan juga lebih mudah menyesuaikan dengan kelembaban lintasan karena sifatnya yang mudah menyerap air. Kekurangan pada Tamiya berkecepatan tinggi, gesekan ban dengan lintasan dapat membuat ban jenis ini lebih mudah rusak. Ukuran roda juga menjadi faktor yang menentukan kecepatan Tamiya. Ukuran ban terbagi 2 yaitu besar dan kecil. Ban besar cenderung lebih cepat, dibandingkan dengan ban kecil. Hanya saja, ban kecil lebih stabil dibandingkan dengan ban besar.
  5. Roller
    tamiya roller
    Roller sangat berperan penting dalam menjaga kestabilan Tamiya pada tikungan. Roller sebaiknya pas dengan lintasan, atau setidaknya jeda antara pinggiran lintasan dengan roller itu sangat sedikit sehingga benturan dapat diminimalisir. Untuk memungkinkan hal itu terjadi, kita dapat mengakalinya dengan menggunakan ukuran roller yang lebih besar, atau dengan menggunakan bumper (depan) dan akar (belakang) yang lebih lebar.
  6. Gear
    tamiya gear
    Semakin tinggi gear ratio-nya maka semakin kuat tenaga yang dihasilkan, tetapi menjadikan Tamiya lebih lambat. Sebaliknya, semakin kecil ratio-nya maka semakin tinggi kecepatan Tamiya, tetapi tenaganya berkurang. Ratio standar yang terdapat pada Tamiya antara lain 3.5:1, 4:1, 5:1 hingga 6.4:1.

Related posts

Leave a Comment