Mengenal Waterproof Dan Water Resistant

waterproof dan water resistant

Kita sering mendengar atau melihat istilah waterproof dan water resistant, tapi apakah Anda tahu perbedaan diantara keduanya? Dalam memilih barang elektronik ataupun lainnya tentunya fitur waterproof dan water resistant adalah sebuah nilai plus. Bagaimana pun juga ini mengenai keamanan dan kenyamanan kita di dalam menggunakan barang.

Kalau kita mengacu pada kamus besar Oxford English Dictionary, penjelasannya seperti di bawah :

  • Waterproof :  impervious to water atau tahan terhadap air.
  • Water resistant : able to resist the penetration of water to some degree but not entirely (mampu menahan penetrasi air untuk beberapa keadaan, tetapi tidak sepenuhnya).

Lebih jelasnya seperti di bawah ini :

Waterproof

Meskipun definisinya paling pendek, konsep yang ada di baliknya mencakup hal yang cukup rumit. Saat ini, tidak ada standar industri yang sudah mapan untuk mengklasifikasikan sebuah perangkat yang dihasilkan sebagai perangkat Waterproof.

Acuan standar untuk menilai perangkat untuk kualitas waterproof adalah dengan skala Ingress Protection Rating (skala IP atau IP Code). Skala ini memberikan peringkat dari 0 sampai 8 dalam hal seberapa efektif perangkat mampu menjaga air agar tidak masuk ke dalamnya, atau menjaga kinerja dan kualitas nya jika air masuk ke dalamnya. Sering kali istilah waterproof dianggap sebagai kondisi permanen oleh kebanyakan konsumen, yang cenderung menilai bahwa apa pun yang telah dilabeli ‘waterproof’ tidak akan pernah bermasalah jika mengalami kontak dengan air, tanpa pandang situasi.

Water resistant

Adalah tingkat terendah dari kemampuan/kualitas dari suatu perangkat terhadap perlindungannya air. Jika perangkat diberi label ‘water-resistant’ artinya perangkat itu sudah dibuat sedemikian rupa sehingga lebih sulit untuk dimasuki oleh air. Ataupun karena sudah dilapisi dengan zat/bahan yang sangat ringan yang membantu meningkatkan kemungkinan perangkat bertahan dari kontak dengan air. ‘Water-resistant’ adalah suatu kualitas yang biasanya ada pada produk jam tangan, dimana dengan label itu artinya produsen menjamin bahwa jam mampu menahan rembesan air sebagai dampak saat mencuci tangan atau saat harus melalui hujan ringan.

Jadi kesimpulannya :

Sebelum Anda membeli sesuatu dengan label waterproof atau water resistant, ada baiknya Anda membaca dahulu fitur tersebut pada manual pengguna atau pun pada barang tersebut.

Related posts

Leave a Comment