Microsoft Menghentikan Dukungannya Terhadap Windows Phone 8.1

windows phone

Microsoft akhirnya secara resmi menghentikan dukungannya terhadap Windows Phone 8.1, setelah lebih dari tiga tahun perusahaan tersebut memperkenalkan update terakhirnya. Dengan berakhirnya dukungan ini, berarti  menandai berakhirnya era Windows Phone, dan masih ada jutaan perangkat yang menjalankan sistem operasi ini. AdDuplex memperkirakan bahwa hampir 80 persen dari semua ponsel dengan sistem operasi Windows masih menjalankan Windows Phone 7, Windows Phone 8, atau Windows Phone 8.1. Semua handset ini sekarang resmi tidak didukung lagi, dan hanya 20 persen dari semua ponsel Windows yang menjalankan OS Windows 10 Mobile terbaru.

Dengan berakhirnya Windows Phone 8.1, Microsoft telah mengubur merek Windows Phone dimana sistem operasi ini mulai dijalankan mulai tahun 2010 dengan 3 generasi. Padahal Microsoft awalnya mendapat pujian atas pendekatan barunya terhadap OS mobile. Kurangnya perangkat yang menarik di kemudian harga yang kurang bersaing, fitur-fitur penting dan aplikasi pihak ketiga yang populer menyebabkan sistem operasi ini kurang mendapatkan respon dari pasar.

Windows Phone 8.1 merupakan update besar untuk sistem operasi Windows Phone 8 milik Microsoft, dengan menyertakan asisten digital bernama Cortana, design baru untuk pemberitahuan, perubahan UI, dan update ke inti OS mobile. Update ini menandai salah satu usaha terbesar Microsoft dengan Windows Phone-nya, namun tidak berhasil bersaing dengan Android dan iOS. Lebih dari 95% dari semua smartphone baru sekarang menjalankan Android atau iOS, dan Microsoft telah menyerah memproduksi perangkat keras merek Lumia.

Sementara itu, Microsoft masih mendukung Windows 10 Mobile, tidak jelas apa dukungan yang akan disertakan apakah akan lama atau tidak. Microsoft telah menyarankan pengguna untuk beralih dari Windows Phone ke Windows 10 Mobile. Dimana sistem operasi ini yang pada dasarnya merupakan perluasan dari platform desktopnya yang memungkinkan pengguna menggunakan file dan aplikasi mereka baik itu untuk desktop maupun perangkat mobilenya. Namun ini bukanlah saingan nyata dari Android atau iOS. Microsoft telah mengerjakan banyak aplikasi dan layanan berbasis cloud dan cross-platform akhir-akhir ini, jadi Windows 10 Mobile sepertinya tidak terlalu diprioritaskan lagi.

Microsoft menghindari upaya untuk mematikan OS secara resmi, namun terbukti baru-baru ini selama setahun terakhir bahwa perusahaan tersebut tidak lagi memfokuskan upayanya pada sistem operasi mereka untuk smartphone. Microsoft telah mematikan bisnis teleponnya tahun lalu, mengakibatkan ribuan PHK. Selama konferensi Build and Inspire Microsoft baru-baru ini, CEO Satya Nadella memberikan pernyataan “mobile-first, cloud-first”. Fokus Microsoft sekarang ini adalah mengerjakan skenario multi-perangkat dan teknologi cloud yang tidak selalu melibatkan Windows. Strategi mobile baru Microsoft sekarang tampaknya melibatkan pembuatan perangkat iOS dan Android dengan lebih baik.

Related posts

Leave a Comment