Negara Dengan Tarif Internet Paling Tinggi Di Dunia

Internet Speed

Tarif internet di Indonesia sering menjadi perdebatan. Konsumen mengeluhkan tarif internet yang terlalu mahal, sedangkan pihak provider menyatakan bahwa tarif internet di Indonesia tidak termasuk mahal. Kalau kita bandingkan tarif internet dengan peningkatan kualitas jaringan di Indonesia, mungkin sebenarnya seimbang. Indonesia memiliki luas yang sangat besar, tentunya pembangunan infrastruktur untuk internet juga tinggi.

Bagaimana jika tarif internet di Indonesia dibandingkan dengan tarif internet di negara lainnya? Apakah tergolong murah atau mahal. Berikut ini daftar 5 negara maju yang ternyata tarif internetnya jauh lebih mahal dari Indonesia :

  1. Amerika
    Kalau mau dibandingkan dengan paket internet di negeri paman Sam ini, pastinya sangat beda jauh. Kalau di Indonesia hanya dengan uang Rp 50 ribu bahkan kurang sudah bisa meggunakan paket internet selama satu bulan. Namun kalau di Amerika, jangan harap bisa seperti itu. Pasalnya di Amerika harga paket internetnya cukup tinggi, langganan satu bulan saja membuat kantong langsung tipis. Bagaimana tidak, contohnya perusahaan AT & T di Amerika menjual data untuk 5GB sekitar Rp 1 juta. Meskipun infrastruktur di sana sudah sangat maju, ternyata biaya untuk internet juga tinggi.
  2. Kanada
    Serupa dengan yang ada di Amerika, Kanada juga menerapkan tarif internet yang cukup dibandingkan dengan negara yang lain. Ternyata mahalnya tarif internet di Kanada dipengaruhi oleh faktor persaingan antar perusahaan telekomunikasi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu makin hari tarif internetnya malah menjadi semakin mahal. Bayangkan saja untuk 2 GB sampai 5 GB-nya, Anda diharuskan membayar Rp. 600 ribu. Tidak murah, apalagi bagi Anda yang ternyata memiliki penghasilannya pas-pasan. Dan yang lebih gila lagi, tarif di Kanada ternyata setiap tahunnya makin naik.
  3. Singapura
    Bagi Anda yang memilik budget minim untuk membeli paket internet, jangan pernah datang ke negara ini. Singapura, negara tetangga dengan luas yang kecil ternyata menerapkan tarif internet yang lumayan mahal. Hanya untuk 2 GB-nya, Anda diharuskan membayarkan uang sekitar Rp 260 ribu. Bandingkan dengan yang ada di Indonesia yang mungkin tidak sampai Rp. 50 ribu. Paket tersebut sudah termasuk layanan Wifi 2 GB dengan jaringan 4 G. Tapi soal kecepatan internet, sepertinya memang jauh lebih cepat dari Indonesia.
  4. Inggris
    Inggris juga memiliki tarif internet yang lumayan mahal. Kalau dibandingkan dengan di Indonesia, di negara ini harga kuota internet sangat mahal. Hanya untuk data 2 GB, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 400 ribu. Tentunya sangat jauh dibanding yang ada di Indonesia. Namun perbedaannya, setiap pembelian paket internet maka dipastikan Anda akan mendapatkan gratis telepon dan SMS di Inggris.
  5. India
    Ternyata India juga memiliki tarif internet mahal untuk ukuran sebagai negara berkembang. Berbeda dengan Indonesia yang tergolong murah, ternyata di India tarif internetnya sangat jauh lebih mahal. Bayangkan hanya untuk data 2 GB, harganya sudah mencapai Rp 90 ribu. Belum lagi ternyata di sana harga kuota paket internet dibedakan juga pada tempatnya. Jadi kalau misal Anda di kota Delhi, mungkin bisa lebih mahal ketimbang dengan kota-kota yang lainnya. Hal tersebutlah yang membuat harga internet di India sangat jauh dari kata terjangkau.

Related posts

Leave a Comment