Negara Dengan Harga BBM Paling Rendah Di Muka Bumi

Kegunaan BBM bagi manusia itu sama pentingnya seperti darah dalam tubuh. Bisa dibayangkan kalau umpama tidak pernah ada BBM? Semua kemajuan di dunia mungkin tidak sehebat hari ini. Bahkan kalau tanpa BBM, kita akan kesusahan luar biasa terutama dalam hal-hal distribusi dan pemenuhan kebutuhan vital lain.

Lantaran BBM adalah nadi, maka tidak heran kalau harganya sangat diperhitungkan. Mahal tidaknya harga BBM ini maka akan berimbas pada hal-hal lainnya. Kalau berbicara mengenai harga, BBM di Indonesia ini termasuk dalam kategori mahal. Agak aneh, mengingat negara kita sebenarnya juga produksi meskipun tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Ketika di Indonesia cukup mahal, ada banyak negara yang membanderol murah harga BBMnya, bahkan terlalu murah.

Dan berikut ini adalah beberapa negara di dunia yang menerapkan harga murah untuk BBM nya:

  1. Venezuela
    venezuela oil station
    Negara yang memiliki harga BBM paling murah di dunia adalah Venezuela. Penduduknya hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 445,00 saja untuk mendapatkan BBM 1 liter. Mengapa harga BBM di Venezuela begitu murah? Sebab negara yang dipimpin oleh Hugo Chavez ini menganut paham sosialisme. Dimana negara dapat dengan mudah mengambil alih perusahaan swasta sehingga dapat membantu rakyat untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Salah satu caranya dengan mengambil alih perusahaan minyak dan menetapkan harga BBM yang begitu murah.
  2. Turkmenistan
    turkmnenistan oil station
    Salah satu negara pecahan Uni Soviet ini mampu menempati urutan kedua dari negara-negara dengan harga BBM termurah di dunia. Penduduk Turkemenistan hanya cukup menyisihkan penghasilannya sebesar Rp 712,00 saja untuk membeli BBM per liternya. Harga BBM yang begitu murah juga disebabkan karena Turkmenistan merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar nomor lima di dunia. Jadi, tak salah jika pemerintah menetapkan harga BBM semurah itu.
  3. Nigeria
    nigeria oil station
    Negara di benua Afrika pertama yang memiliki harga BBM termurah adalah Nigeria. Nigeria berhasil menduduki urutan kesepuluh dari negara dengan sumber minyak terbesar di dunia. Jadi tak heran jika penduduk Nigeria dapat memperoleh BBM hanya dengan harga Rp 890,00 saja per liternya.
  4. Iran
    iran oil station
    Negera yang dipimpin oleh Mahmoud Ahmadinejad ini diperkirakan akan terus memproduksi minyak hingga 74 tahun ke depan. Dengan perkembangannya yang sangat produktif itu, Iran memiliki harga jual BBM yang sangat murah, yakni sebesar RP 979,00 per liter.
  5. Arab Saudi
    arab saudi oil station
    Tak ada yang menyangkal jika negara yang tengah dipimpin oleh Raja Abdullah ini adalah salah satu pusat minyak di dunia. Kekayaan minyak yang dimilikinya membuat harga BBM di Arab Saudi bisa diperoleh dengan harga yang relatif murah, yaitu sebesar Rp. 1.068,00 per liter.
  6. Kuwait
    kuwait oil station
    Kuwait merupakan sebuah negara yang terletak di Teluk Persia. Negara monarki ini juga merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Penduduknya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 1.869,00 saja untuk mendapatkan satu liter BBM.
  7. Uni Emirat Arab
    uae oil station

    Uni Emirat Arab merupakan negara penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk Persia dan merupakan negara terkaya keempat di dunia. Negara yang memiliki gaya arsitektur indah pada bangunannya ini mematok harga bensin sebesar Rp 3.293,00 per liternya.

Related posts

Leave a Comment