Nokia 6 Smartphone Kejutan Di Awal Tahun 2017

nokia 6

Debut Nokia dengan Nokia 6 tampaknya bisa dibilang sukses besar, setelah semua stok Nokia 6 yang disediakan pada penjualan perdana ludes terjual dalam waktu satu menit. Jumlah pendaftar bahkan sudah mencapai angka 1 juta dalam waktu seminggu setelah keran pemesanan dibuka. Sepertinya wajar, karena pada 24 jam pertama saja jumlah pendaftarnya sudah mencapai 353 ribu orang.

Pemesanan dibuka sejak Senin (9/1/2017) dan ditutup pada Kamis (19/1/2017). Dalam hitungan 24 jam setelah pemesanan dibuka, jumlah pesanan sudah mencapai 230.000 unit. Harga Nokia 6 sendiri dibanderol 1.699 yuan atau setara Rp 3,3 juta.

Meski menggunakan prosesor kelas bawah, tampaknya popularitas perangkat dengan layar 5,5 inch full HD ini memang cukup tinggi. Prosesornya dibuat oleh Qualcomm, yaitu Snapdragon 430 dengan GPU Adreno 505. Nokia 6 memiliki RAM 4 GB dan storage internal 64 GB dan menjalankan versi terakhir Android Nougat. Ada dual amplifier yang mengeluarkan suara 6dB lebih keras. Lalu Dolby Atmos juga membuat audio lebih powerful. Di sektor kamera, Nokia 6 mengusung resolusi 16 megapixel serta kamera depan 8 megapixel.

Berikut ini fakta menarik seputar smartphone Nokia 6 :

1. Sementara Ini Hanya Untuk Pasar China

Nokia 6 untuk saat ini, hanya ditujukan untuk pasar China dan dijual eksklusif melalui toko online JD (jd.com). Ada spekulasi jika nantinya Nokia 6 akan juga tersedia di mancanegara, dimana varian Nokia 6 untuk pasar global akan sedikit berbeda. Tapi belum ada kepastian soal informasi ini.

2. Tidak Murni Nokia

Nokia 6 tidaklah murni buatan perusahaan Nokia, yang dahulu memproduksi ponsel. Nokia kini fokus di bisnis infrastruktur telekomunikasi menyerahkan produksi ponsel mereka pada perusahaan baru bernama HMD Global. HMD Global inilah yang membuat dan mengedarkan ponsel Android Nokia, bekerja sama dengan Foxconn. Para petinggi HMD Global banyak dulu pernah bekerja di Nokia saat masa jaya.

3. Memakai Android Nougat

Kesungguhan Nokia 6 memakai sistem operasi Android terlihat dari versi yang digunakannya. Yaitu Android paling terbaru versi 7.0 alias Nougat. Pada saat ini, masih langka ponsel Android yang sudah dibekali Nougat, kecuali seri Google Pixel, LG V20 dan segelintir ponsel kelas atas lainnya.

4. Mengincar Pasar Kelas Menengah

Banyak spekulasi Nokia akan langsung meluncurkan ponsel Android kelas atas. Nyatanya tidak demikian, Nokia 6 adalah smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah dengan harga di kisaran Rp 3,2 juta. Spesifikasinya seperti prosesor Snapdragon 430, RAM 4 GB, layar 5,5 inch resolusi full HD, kamera 16 megapixel, serta baterai 3.000 mAh. Bukanlah fitur untuk smartphone papan atas.

5. Langsung Ludes Pada Hari Pertama Penjualan

HMD Global selaku pemilik lisensi Nokia pada tanggal 12 Januari 2016 lalu membuka keran pemesanan yang langsung dibeli oleh 353 ribu orang hanya dalam waktu 24 jam lewat situs e-commerce asal China, JD. Kini, hampir satu minggu setelah pembukaan keran pemesanan, angka reservasi kembali naik yang menurut laporan terbaru mendekati satu juta pemesanan.

6. Bodi Dari Metal

Di situs resminya, HMD menggemborkan kalau Nokia 6 punya desain mewah dan digarap dengan sangat serius. Nokia 6 diklaim telah mengalami serangkaian ‘siksaan’ ekstrim. Ponsel ini katanya sanggup menahan beban tekanan setara 150 ekor sapi. Bahkan ketika HMD mengulangnya sebanyak 200 kali, ponsel ini tidak menemui masalah. Nokia 6 juga diuji di suhu 85 dan -40 derajat celsius dan dapat bertahan dengan baik.

Related posts

Leave a Comment