Perbandingan Antara Teknologi 1G 2G 3G 4G

Secara sederhana, “G” adalah singkatan dari “GENERATION”. Saat Anda terhubung ke internet, kecepatan internet Anda tergantung pada kekuatan sinyal yang ditampilkan dalam huruf seperti 2G, 3G, 4G, dll. Tepat di sebelah tanda sinyal di layar perangkat mobile Anda. Setiap Generasi didefinisikan sebagai seperangkat standar jaringan telepon, yang merinci implementasi teknologi dari sistem telepon seluler tertentu. Kecepatan meningkat dan teknologi yang digunakan untuk mencapai kecepatan itu juga berubah. Misalnya, 1G menawarkan 2,4 kbps, 2G menawarkan 64 Kbps dan berbasis GSM, 3G menawarkan 144 kbps-2 mbps sedangkan 4G menawarkan 100 Mbps – 1 Gbps dan didasarkan pada teknologi LTE.

1G

Ingat dengan telepon analog dulu? Telepon seluler dimulai dengan teknologi 1G pada 1980-an. 1G adalah generasi pertama dari teknologi seluler nirkabel. 1G hanya mendukung panggilan suara. 1G adalah teknologi analog, dan ponsel yang menggunakannya memiliki daya tahan baterai dan kualitas suara yang buruk, keamanan yang rendah, dan rentan terhadap panggilan keluar. Kecepatan maksimum teknologi 1G adalah 2,4 Kbps.

2G

Ponsel menerima upgrade besar pertama mereka ketika teknologi beralih dari 1G ke 2G. Lompatan ini terjadi di Finlandia pada tahun 1991 di jaringan GSM dan secara efektif mengambil telepon seluler dari komunikasi analog ke digital. Teknologi telepon 2G memperkenalkan enkripsi panggilan dan teks, bersama dengan layanan data seperti SMS, pesan gambar, dan MMS. Meskipun 2G diganti 1G dan digantikan oleh versi teknologi kemudian, teknologi ini masih digunakan di seluruh dunia. Kecepatan maksimum 2G dengan General Packet Radio Service (GPRS) adalah 50 Kbps. Kecepatannya 1 Mbps dengan Enhanced Data Rates for GSM Evolution (EDGE).
Sebelum melakukan lompatan besar dari jaringan nirkabel 2G ke 3G, 2.5G dan 2.75G yang mungin kurang dikenal adalah standar sementara yang menjembatani kesenjangan untuk membuat transmisi data menjadi cepat. 2.5G memperkenalkan teknik packet-switching baru yang lebih efisien daripada teknologi 2G. Kemudian mengarah ke 2.75G, yang memberikan peningkatan kecepatan tiga kali lipat secara teoritis.

3G

Pengenalan jaringan 3G pada tahun 1998 mengantarkan pada kecepatan transmisi data yang lebih cepat, sehingga Anda dapat menggunakan ponsel Anda dengan cara yang lebih banyak memakai layanan data seperti untuk panggilan video dan akses internet seluler. Istilah “broadband” pertama kali diterapkan pada teknologi seluler 3G. Seperti 2G, 3G berkembang menjadi 3.5G dan 3.75G yang jauh lebih cepat sebelum menghadirkan 4G. Kecepatan maksimum 3G diperkirakan sekitar 2 Mbps untuk perangkat yang tidak bergerak dan 384 Kbps pada kendaraan yang bergerak.

4G

Jaringan generasi keempat, yang dirilis pada 2008, adalah 4G. Teknologi ini mendukung akses web seluler seperti yang dilakukan 3G dan juga layanan game, TV seluler HD, konferensi video, TV 3D, dan fitur lain yang membutuhkan kecepatan tinggi. Kecepatan maksimal jaringan 4G saat perangkat bergerak adalah 100 Mbps. Kecepatannya 1 Gbps untuk komunikasi mobilitas rendah seperti ketika pengguna sedang diam atau berjalan kaki. Sebagian besar model ponsel saat ini mendukung teknologi 4G dan 3G.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *