Perkenalkan Bothie Fitur Terbaru Dari Nokia 8

nokia 8

Nokia 8 merupakan smartphone high-end pertama dari pabrikan ponsel Nokia setelah lahir kembali lewat HMD Global. Smartphone ini memiliki display IPS LCD yang berlapis kaca anti-gores Gorilla Glass 5 dengan pinggiran “2,5D” yang membulat di pinggir sehingga terkesan menyatu dengan bodi Nokia 8 yang terbuat dari logam aluminium. Nokia 8 memiliki fitur andalan berupa kamera ganda 13 megapiksel (color+monochrome) yang dibekali lensa Carl Zeiss dengan aperture f/2.0. Sehingga bisa dipastikan, smartphone ini adalah smartphone Android pertama Nokia yang menggunakan lensa Carl Zeiss. Kamera ini dilengkapi dengan fasilitas optical image stabilizer (OIS), berikut laser autofocus dan LED flash.

Kamera depan Nokia 8 memiliki resolusi sebesar 13 megapiksel dan memiliki jenis sensor yang sama dengan dua kamera utama di belakang. Kamera dengan untuk menangkap foto selfie ini memiliki lensa dengan aperture f/2.0 dan phase detect autofocus untuk melacak dan mengunci fokus di wajah pengguna.

Spesifikasi Nokia 8 termasuk kelas atas, Nokia 8 sama hadir dengan layar 5,3 inch QHD, chipset Snapdragon 835, RAM 4/6 GB, media penyimpanan 64/128 GB, baterai 3.090 mAh dengan Quick Charge 3.0, dan water resistance dengan sertifikasi IP54.

HMD Global tak melakukan modifikasi besar-besaran untuk software kameranya. Namun mereka menambahkan sebuah fitur bernama ‘bothie’ pada smartphone ini. Mode bothie ini sebenarnya sudah pernah dipakai oleh Samsung dan LG pada smartphone buatannya. Di mana dalam mode ini akan mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan untuk merekam foto ataupun video.

Hanya saja ada sedikit penambahan pada fitur bothie di Nokia 8, yaitu video pada mode ini bisa disiarkan langsung ke Facebook atau YouTube melalui kameranya. Sekilas fitur ini terlihat cuma sebagai gimmick, namun bisa saja menjadi populer untuk beberapa skenario, seperti saat menyiarkan aksi demonstrasi dan sejenisnya.

Fitur bothie itu juga didukung sebuah fitur lain, yaitu terintegrasinya Ozo Audio milik Nokia. Fitur Ozo sebenarnya adalah nama untuk kamera futuristik Nokia yang bisa memfilmkan virtual reality (VR). Namun Ozo Audio kini diboyong ke Nokia 8 untuk merekam suara dari berbagai arah, tepatnya audio 360 derajat. Hasilnya akan bisa dinikmati oleh penonton Facebook Live yang menggunakan headphone.

Nokia 8 rencananya akan mulai dipasarkan pada September mendatang dengan banderol mulai 600 Euro atau Rp 9,5 juta. Ada empat pilihan warna yang disediakan, yakni Polished Blue, Tempered Blue, Steel, dan Polished Copper.

Anda tertarik?

Related posts

Leave a Comment