Studi Terbaru Mengungkap Ada 48 Juta Akun Twitter Adalah BOT

bot twitter

Bot adalah sebuah program yang bisa melakukan tugas secara otomatis. Pada prinsipnya bot melakukan tugas/aktifitas seperti manusia secara simultan. Bot bisa disamakan dengan worm dan trojan.

Twitter tentunya tidak bisa bersih dari akun bot, akun ini kebanyakan untuk membantu suatu taggar # biar bisa menjadi trending topik. Anda pasti pernah mendengar jual beli follower di twitter. Bisa dipastikan akun yang dipakai adalah akun bot. Atau apakah Anda pernah mendapat notifikasi ada follower dari sebuah akun yang tidak Anda kenal? mungkin akun tersebut adalah bot. Keberadaan bot alias program otomatis yang menyamar sebagai pengguna sungguhan untuk melakukan retweet, dan mengikuti akun pengguna di Twitter sudah bukan rahasia lagi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Southern California dan Indiana University, saat ini ditemukan sebanyak 48 juta akun Twitter berupa bot. Sehingga jika dihitung, dari total 319 juta akun Twitter yang aktif, sekitar 9 sampai 15% bukan manusia alias bot. Para peneliti dalam studi tersebut mengingatkan bahwa jumlah bot bisa lebih besar lagi karena ada kemungkinan bot yang lebih canggih masih lolos dari deteksi. Namun, terkadang bot pun bisa teridentifikasi sebagai pengguna sungguhan, dalam hal ini manusia.

Tim peneliti di University of Southern California dan Indiana University menggunakan framework pendeteksi bot yang mengevaluasi cici-ciri bot berdasarkan sejumlah kategori, seperti lingkup pertemanan, konten dan sentimen tweet, serta interval tweet.

Angka ini merupakan dua kali lipat dari yang dipaparkan oleh perusahaan dengan menggunakan data dari lembaga Securities and Exchange Commision (SEC), karena pada tahun 2014 lalu ditemukan 8,5% akun dicurigai sebagai akun bot. Hal ini juga bisa merupakan peningkatan permintaan dari berbagai pihak, baik itu untuk meningkatkan jumlah follower maupun menaikkan suatu topik menjadi trending topic.

Namun di sisi lain, seorang juru bicara dari Twitter mengatakan bahwa bot tidak melulu berarti negatif. Dia mencontohkan bot yang memberikan peringatan bencana alam secara otomatis. Para peneliti dari University of Southern California mengakui bahwa memang ada bot sosial yang melakukan tindakan berguna seperti menyebarkan berita dan publikasi.

Related posts

Leave a Comment