Berbagai Menu Sate Yang Populer Di Indonesia

sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang ditusuk sedemikian rupa baik dengan bambu ataupun lidi kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu atau tempurung kelapa. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate dan jenisnya.

Sate menjadi salah satu kuliner favorit di Indonesia, ada banyak jenis sate di berbagai tempat yang kemudian menjadi khas bagi daerah tersebut. Berikut ini daftar janis-jenis sate di Indonesia :

  1. Sate Tambak
    Daerah Tambak (Banyumas) memiliki kuliner sate yang enak dan lezat yaitu sate dari daging bebek. Bumbu untuk sate ini pun terdapat dua macam yaitu bumbu kacang atau bumbu kecap. Semua itu tergantung dari selera Anda sebagai penikmat sate. Sate ini sangat lezat dan mengunggah selera.
  2. Sate Balibul atau Batibul
    Sate Balibul atau Batibul adalah salah satu jenis sate dari daerah Tegal (Jawa Tengah) yang berbahan dasar daging kambing muda yang masih berusia dibawah 5 bulan ataupun 3 bulan. Karena dipilih dari kambing yang relatif masih muda sehingga daging dari sate ini sangat empuk. Sate Balibul atau Batibul akan sangat nikmat jika dimakan selagi panas ditambah dengan nasi hangat yang pulen atau lontong ataupun ditambah dengan gulai kambing.
  3. Sate Klathak
    Sate berbahan dasar kambing yang khas dari daerah Bantul ini disebut sate klathak karena kegiatan memanggangnya dilakukan dalam ruangan yang terbuka. Sate ini berbeda dengan sate lainnya terutama dalam tusukannya. Biasanya sate lain menggunakan bambu sedangkan sate kalthak menggunakan besi sebagai penusuk sehingga membuat daging kambing yang dibakar lebih matang dari dalam ini yang membuat sate klathak mempunyai cita rasa yang khas.Sate ini biasanya akan tambah lezat jika ditambah dengan gulai.
  4. Sate Kuda
    Sate kuda adalah salah jenis sate dari Indonesia yang tentunya sangat ditemui tidak seperti sate ayam atau kambing. Sate kuda memiliki manfaat meningkatkan vitalitas menurut anggapan banyak orang yang menyantapnya. Sate kuda memiliki cita rasa yang khas dan lezat.
  5. Sate Kelinci
    Ternyata Kelinci memiliki daging yang lezat bila disantap. Sate kelinci adalah salah satu hidangan yang dapat dibuat dari daging kelinci. Anda patut mencoba sate ini karena rasanya sangat berbeda dengan jenis sate lainnya.
  6. Sate Lilit
    Bali juga memiliki sate yang khas yaitu sate lilit. Sate ini bisa terbuat dari daging ayam, ikan, kambing, sapi, babi. Pertama-tama dagingnya dihaluskan kemudian dicampur dengan berbagai macam bumbu. Daging yang sudah dicampur dengan bumbu ini lalu dililitkan pada sebuah bambu. Lalu sate ini dipanggang di atas arang.
  7. Sate Ambal
    Sate ini bahan dasar adalah daging ayam. Sate ambal ini tidak menggunakan bumbu kacang seperti sate pada umumnya tetapi menggunakan bumbu yang dibuat dari tempe rebus yang dihancurkan hingga halus. Rasa dari sate ini adalah manis-pedas. Sate ini bisa ditemui di daerah Ambal, Kebumen di Jalur Lintas Selatan-Selatan Jawa.
  8. Sate Padang
    Sate khas dari Minangkabau yaitu sate padang. Sate ini tidak terbuat dari daging sapi. Hal yang menarik dari sate padang adalah daging sapi yang dipanggang sebenarnya sudah siap dimakan berbeda sate lainnya yang masih mentah. Bumbu dari sate padang sendiri adalah bumbu kuah kacang kental ditambah cabai untuk memberi rasa pedas. Sate padang sebenarnya ada 3 jenis yaitu sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Perbedaan ketiga sate ini terletak pada kuah satenya.
  9. Sate Madura
    Sate ini terbuat dari daging ayam yang dibalur dengan bumbu khas dari Madura. Bumbu dari sate madura adalah campuran kacang yang ditumbuk halus dengan sedikit petis dan sedikit bawang merah. Sate ini paling sering umum ditemui di Indonesia.

Yang mana merupakan favorit Anda?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *