Bitcoin Mata Uang Elektronik Dengan Kriptografi

bitcoin

Bitcoin adalah mata uang baru yang diciptakan pada 2009 oleh orang tak dikenal dengan menggunakan nama alias Satoshi Nakamoto. Transaksi dibuat tanpa perantara, artinya tidak ada bank. Bitcoin dapat digunakan untuk memesan hotel, berbelanja perabotan dan juga membeli game konsol Xbox. Dan tentunya yang paling fenomenal adalah harga bitcoin melejit menjadi puluhan ribu Dolar di tahun 2017.

Bitcoin dapat digunakan untuk membeli barang dagangan secara anonim. Selain itu, pembayaran internasional sangat mudah dilakukan dan murah karena bitcoin tidak terikat ke suatu negara manapun atau tunduk pada peraturan. Usaha kecil mungkin menyukai bitcoin karena tidak ada biaya kartu kredit. Beberapa orang hanya membeli bitcoin sebagai investasi, dengan harapan bitcoin akan naik nilainya.

Banyak pasar disebut “bitcoin exchanges” memungkinkan orang membeli atau menjual bitcoin dengan menggunakan mata uang yang berbeda. Coinbase adalah pertukaran bitcoin yang terkemuka, bersama dengan Bitstamp dan Bitfinex. Tapi keamanan bisa menjadi perhatian karena bitcoin senilai puluhan juta dolar dicuri dari Bitfinex saat diretas pada tahun 2016.

Orang-orang berkompetisi untuk “menambang” bitcoin bisa menggunakan komputer untuk memecahkan teka-teki matematika yang kompleks. Beginilah cara mendapatkan bitcoin.¬†Bitcoin disimpan dalam “dompet digital”, yang ada baik di cloud/komputasi awan atau di komputer pengguna. Dompetnya adalah semacam rekening bank virtual yang memungkinkan pengguna mengirim atau menerima bitcoin, membayar barang atau menyimpan uang mereka. Tidak seperti rekening bank, dompet bitcoin tidak diasuransikan oleh FDIC.

Apa karakteristiknya?
Bitcoin memiliki beberapa fitur penting yang membedakannya dari mata uang yang didukung pemerintah.

  • Desentralisasi
    Jaringan bitcoin tidak dikendalikan oleh satu otoritas pusat. Setiap mesin yang menyimpan bitcoin dan memproses transaksi merupakan bagian dari jaringan, dan semua mesin bekerja sama. Itu berarti, secara teori, satu otoritas pusat tidak dapat bermain-main dengan kebijakan moneter dan menyebabkan krisis atau hanya memutuskan untuk mengambil alih bitcoin dari yang memilikinya.
  • Mudah dipasang
    Bank konvensional membuat Anda memerlukan dokumen dan data-data pribadi hanya untuk membuka rekening bank. Atau menunggu beberapa minggu untuk verifikasi mendapatkan kartu kredit. Namun, Anda bisa mengatur alamat bitcoin dalam hitungan detik, tidak ada pertanyaan yang diajukan, dan tanpa biaya yang harus dibayar.
  • Anonim
    Pengguna dapat menyimpan beberapa alamat bitcoin, dan isinya tidak terkait dengan nama, alamat, atau informasi identitas pribadi lainnya.
  • Transparan
    Bitcoin menyimpan rincian setiap transaksi tunggal yang pernah terjadi di jaringan dalam versi besar di buku besar umum, yang disebut blockchain. Blockchain itu mencatat semua transaksi yang terjadi.
  • Biaya transaksi sangat kecil
    Bank Anda mungkin mengenakan biaya tambahan untuk transfer internasional, atau bahkan transfer antar bank pun biasanya dikenakan biay. Dengan menggunakan Bitcoin, semua biaya transfer ditiadakan.
  • Cepat
    Anda bisa mengirim uang ke mana saja dan akan tiba beberapa menit kemudian, segera setelah jaringan bitcoin memproses pembayaran.
  • Tidak dapat ditolak
    Saat bitcoin Anda dikirim, tidak ada yang bisa mengembalikannya, kecuali jika si penerima mengembalikannya kepada Anda.

Tertarik memilikinya? Bagaimana cara menambang Bitcoin?

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 24 Desember 2017

    […] Seperti kita ketahui sekarang, harga Bitcoin sangat tinggi malah menjadi mata uang paling mahal di dunia. Klik Apa itu Bitcoin? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *