Deretan Makanan Paling Sehat Di Dunia

Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia, tapi tidak semua makanan menyehatkan. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini daftar makanan yang nilai kandungan gizinya paling tinggi dibandingkan dengan yang lain.

  1. Pisang
    pisang
    Buah tropis yang menjadi favorit orang Amerika ini diklasifikasikan sebagai obat herbal. Pisang adalah sumber potasium kardioprotektif yang sangat baik, prebiotik yang efektif, bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium, dan pisang juga meningkatkan dopamin, norepinefrin dan serotonin yang dikenal sebagai bahan kimia otak yang melawan depresi.
  2. Jeruk
    jeruk
    Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C paling kuat dan sangat penting untuk melawan radikal bebas, melindungi sel, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Jeruk mengandung molekul flavonoid kuat yang disebut herperidin yang ditemukan di kulit putihnya. Dalam penelitian tentang hewan, herperidin telah terbukti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.
  3. Kiwi
    kiwi
    Kiwi memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk. Kiwi juga mengandung vitamin E dan berbagai polifenol, serta mengandung perlindungan antioksidan, Ssrat, kalium, magnesium dan seng. Berguna untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku.
  4. Alpukat
    alpukat
    Alpukat mengandung hampir 20 vitamin dan mineral, dan kebanyakan di antaranya mudah diserap oleh tubuh. Cukup dengan mengkonsumsi satu buah alpukat sebagai sumber lemak jenuh, dapat mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan tanpa menurunkan berat badan.
  5. Tomat
    tomat
    Tomat adalah nutirisi untuk pembangkit tenaga. Tomat kaya akan likopen, senjata yang ampuh melawan kanker. Sebagai salah satu phytochemical karotenoid (terkait dengan beta-karoten), likopen memiliki kemampuan untuk melindungi sel DNA dengan kekuatan antioksidannya yang kuat. Likopen juga memiliki kemampuan untuk merangsang enzim yang menonaktifkan karsinogen.
  6. Terong
    terong
    Terong berwarna ungu ini digolongkan sebagai sayuran nightshade, dan berkerabat dengan tomat dan paprika. Makanan berwarna ungu dapat menjadi senjata ampuh dalam melawan penyakit jantung karena mereka kaya akan fitonutrien (bahan kimia alami yang memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari penyakit). Memiliki kandungan asam klorogenik yang merupakan salah satu pemakan radikal bebas yang paling ampuh yang ditemukan di jaringan tanaman.
  7. Jamur
    jamur
    Jamur ternayat kaya dengan ergothioneine, dan antioksidan yang dapat membantu melawan sel sel kanker. Jamur juga merupakan sumber riboflavin, vitamin yang mendukung mekanisme detoksifikasi alami tubuh. Jamur juga adalah sumber vegan vitamin D tertinggi.
  8. Bawang Putih
    bawang putih
    Bawang putih memiliki manfaat kesehatan yang serius. Mengandung flavonoid dan nutrisi yang mengandung sulfur yang bisa meningkatkan kekebalan dan mendukung kesehatan persendian. Bawang putih terkenal karena manfaat kardioprotektifnya, dan juga merupakan antivirus yang efektif.
  9. Bayam
    bayam
    Bayam termasuk di antara sayuran hijau yang mengandung folat, banyak vitamin A, zat besi, kalium, kalsium, seng, dan selenium yang menawarkan perlindungan antioksidan dan mendukung fungsi tiroid.
  10. Ubi
    ubi
    Ubi jalar memiliki lebih kandungan gula alami yang lebih banyak daripada kentang putih, ubi jalar adalah paket nutrisi yang luar biasa. Sebuah ubi jalar besar mengandung lebih dari satu hari konsumsi tubuh untuk vitamin A, penting untuk penglihatan dan kesehatan reproduksi. Ubi jalar juga mengandung vitamin B, serat, potasium dan antioksidan yang disebut glutathione, yang dapat meningkatkan kekebalan dan mendukung metabolisme.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *