Deretan Negara Yang Memiliki Emas Terbanyak

Diantara sekian banyak logam mulia di bumi, emas merupakan logam yang terbanyak dijadikan investasi. Investor membeli emas sebagai bentuk diversifikasi faktor risiko terutama melalui kontrak berjangka atau derivatif. Pasar emas bergantung pada spekulasi dan perubahan pasar.

Bank-bank sentral dari negara negara di dunia menyimpan emas sebagai cadangan likuid mereka dalam bentuk sertifikat atau batangan. Diperkirakan total emas yang telah ditambang sekitar 186,700 ton. Porsi emas baru yang dihasilkan sekitar 50% digunakan sebagai perhiasan, 40% Sebagai investasi, dan 10% untuk industri. Saat ini, produksi emas terus menurun dengan pertumbuhan 1% – 2% per tahun.

Berikut ini daftar negara dengan cadangan emas tertinggi di dunia:

  1. Amerika Serikat
    Memiliki cadangan emas: 8.133,5 ton
    Peringkat pertama tentu saja Amerika Serikat, sebagai negara adidaya tidak mengherankan jika Amerika memiliki cadangan emas yang sangat besar. Amerika juga menjadi negara dengan alokasi emas tertinggi sebagai persentase cadangan devisanya.
  2. Jerman
    Memiliki cadangan emas: 3.372,2 ton
    Jerman sedang dalam proses penarikan seluruh emas miliknya yang disimpan di brankas luar negeri. Tahun lalu Jerman telah menarik 210 ton emas miliknya dari luar negeri dan berencana untuk menarik keseluruhan emas yang dimilikinya pada tahun 2020.
  3. Italia
    Memiliki cadangan emas: 2.451,8 ton
    Italia sedang mempertahankan cadangan emasnya dan telah mendapat dukungan dari Presiden Bank Sentral Eropa. Emas merupakan komoditi teraman yang akan memberikan perlindungan yang cukup baik terhadap fluktuasi nilai Dolar.
  4. Perancis
    Memiliki cadangan emas: 2.436,0 ton
    Beberapa tahun terakhir Bank sentral Perancis telah menjual sedikit demi sedikit emas yang mereka miliki, namun hal ini hanya berlangsung dalam waktu singkat saja. Bukan hanya membekukan penjualan emas, tapi juga melakukan penarikan seluruh emas milik Perancis yang disimpan di brankas bank asing. Dengan jumlah penduduk sepertiga dari penduduk Rusia, Perancis memiliki cadangan emas hampir 2 kali lebih banyak dari Rusia.
  5. China
    Memiliki cadangan emas: 1.842,6 ton
    Untuk pertama kalinya pada 2015, Bank Rakyat China memberikan informasi aktivitas pembelian emasnya setiap bulan sejak 2009. Pada bulan Desember Yuan (mata uang China) bergabung dengan Dollar, Euro, Yen dan Poundsterling sebagai salah satu cadangan Dana Moneter Internasional (IMF). China merupakan produsen emas terbesar di dunia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,4 miliar jiwa, ini berarti setiap penduduk Cina akan mendapatkan 1,3 gram emas.
  6. Rusia
    Memiliki cadangan emas: 1.890,8 ton
    Rusia memahami pentingnya emas dalam portofolio investasi mereka. Oleh karena itu, dalam beberapa tahun terakhir Rusia terus meningkatkan cadangan emasnya. Tahun 2015, Rusia membeli emas sebanyak 206 ton lebih dalam usahanya melakukan diversifikasi agar bisa menjauh dari Dolar Amerika. Rusia menjual sebagian besar investasinya di Amerika agar bisa mendapatkan uang tunai untuk pembelian emas ini.
  7. Swiss
    Memiliki cadangan emas: 1.040 ton
    Selama Perang Dunia II Swiss yang berstatus negara netral menjadikannya sebagai pusat perdagangan emas di Eropa. Meskipun bukan negara dengan cadangan emas terbanyak, namun Swiss memiliki cadangan emas perkapita paling besar dibanding negara lain. Dengan cadangan emas yang dimiliki, maka setiap penduduk Swiss mendapat jatah 123 gram per orang.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *