Deretan Pekerjaan Nyeleneh Yang Ada Di Dunia

Tentunya banyak pekerjaan lazim yang kita lihat di lingkungan sekitar, seperti : dokter, guru, pedagang, petani, dll. Profesi-profesi tersebut pasti sangat familiar dengan telinga kita. Setiap profesi pasti memerlukan kemampuan khusus ataupun sertifikasi dan tentu saja menghasilkan gaji.

Namun ternyata ada berbagai profesi di dunia yang sangat unik, ada dua pekerjaan unik yang ada di Indonesia. Apa sajakah itu?

  1. Penonton bayaran
    penonton bayaran
    Bukan hanya ada di Indonesia, namun profesi ini juga banyak ditemukan di berbagai negara lain. Banyak digunakan oleh stasiun televisi untuk memeriahkan acara-acaranya. Biasanya penonton bayaran ditemukan pada acara talk show, komedi, ataupun konser-konser musik. Dipimpin oleh seorang koordinator, penonton bayaran akan mendapat arahan, kapan harus tertawa dan kapan harus meledek hingga menangis. Tapi jangan salah, meskipun terkesan sepele, ternyata bayarannya juga lumayan. Dilansir Merdeka.com, koordinator bisa mendapat gaji sekitar 10 juta perbulan. Sedangkan para penonto bayaran sendiri biasanya dapat Rp. 25.000- Rp. 50.000 plus makan per acara.
  2. Joki 3 in 1
    joki 3 in 1
    Profesi ini hanya ada di Indonesia. Memang cukup unik dan tidak ada di negara-negara lain di dunia. Joki 3 in 1 adalah penumpang bayaran di jalan-jalan Jakarta untuk masuk ke jalan-jalan yang harus berpenumpang minimal 3 orang. Tapi sekarang pekerjaan ini sudah berkurang bahkan bisa dibilang tak ada lagi setelah dihapuskannyanya kebijakan tersebut awal 2016 lalu.
  3. Penguji bau badan
    penguji bau badan
    Profesi ini disebut juga penguji bau badan dan pekerjaan ini benar-benar ada dan dibayar. Dilansir IDNTimes.com, tugas utama mereka adalah membaui ketiak, nafas dan kaki orang bahkan sampai kotoran kucing. Para penguji ini harus bisa ranking dari bau yang mereka temukan dari skala 1 sampai 10 dan syarat utama dari pekerjaan ini adalah harus mengenali ratusan aroma. Mereka banyak dipekerjakan oleh perusahaan dengan rentang gaji berkisar dari US$ 19.000 sampai US$ 52.000 atau Rp 252 juta sampai Rp 691 juta per tahun. Cukup besar bukan?
  4. Oshiya atau pendorong penumpang kereta
    oshiya
    Masyarakat Jepang sangat suka bepergian dengan naik kereta, ke kantor, berwisata, bahkan ke rumah teman pun mereka lebih memilih kereta. Karena itu, kereta selalu penuh di Jepang sehingga membuka kesempatan bagi profesi baru yang disebut Oshiya, yaitu petugas yang bertugas membantu orang memasukkan penumpang ke dalam kereta. Dilansir CNN Indonesia, Oshiya disebut sebagai staf pengatur penumpang, dan sebagian besar terdiri dari mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Namun saat ini tak hanya mahasiswa paruh waktu saja yang bekerja sebagai oshiya, tapi staf stasiun pun ikut-ikutan membantu selama jam sibuk.
  5. Penguji makanan hewan
    Pencicip Makanan Hewan
    Sebelum makanan hewan di jual di pasaran, seorang pencicip makanan hewan akan terlebih dahulu memastikan kualitas, rasa serta kandungan bahan yang ada didalamnya. Perusahaan pembuat makanan hewan menggunakan jasa pencicip makanan ini agar bisa memberikan penilaian yang objektif. Menurut IDNTimes.com, gaji untuk profesi ini lumayan besar. Seorang pencicip berpengalaman bisa mendapat bayaran sebesar US$ 75.000 atau sekitar Rp 997 juta per tahun. Apakah Anda tertarik?

Baca fakta unik lainnya di sini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *