Deretan Smartphone Yang Patut Dinantikan Tahun 2018

Tahun 2017 telah berganti, kini di tahun 2018 bisa dipastikan para vendor ponsel raksasa akan kembali bersaing dengan meluncurkan berbagai varian samrtphone terbaik. Di tahun lalu fitur dual kamera menjadi sangat familiar, begitupun dengan layar tanpa bezel. Berikut ini deretan smartphone yang bakal dirilis di tahun 2018, apa sajakah itu ?

  1. iPhone 9
    2017, iPhone X dihadirkan untuk menandai usia 10 tahun dari iPhone sejak dirilis pertama kali oleh mendiang Steve Jobs pada tahun 2007. Lalu bagaimana dengan generasi penerusnya untuk tahun 2018, apakah Apple akan melanjutkan dengan seri iPhone X atau iPhone 9? Belum ada pernyataan resmi dari Apple. Kemungkinan Apple akan beralih dari material stainless steel ke aluminium untuk menurunkan harga jual dengan tetap mempertahankan rasio layar 19:5:9 dan tentunya face ID. Publik berharap Apple menawarkan beberapa ukuran dalam desain terbarunya nanti, seperti pada iPhone 8 dan 8 Plus saat ini. Seperti biasa, Apple diprediksi merilis smartphone generasi terbaru mereka pada Oktober 2018.
  2. Samsung Galaxy S9
    Samsung Galaxy S9 dan S9+ dilaporkan baru saja menerima sertifikasi dari Lembaga Independen Amerika Serikat yang mengatur perangkat teknologi FCC. Tapi belum bisa dipastikan jika kedua smartphone flagship Samsung tersebut akan dirilis lebih awal dari biasanya. Kedua perangkat tersebut mungkin akan diperkenalkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 pada akhir Februari 2018. Kemungkinan Samsung Galaxy S9 dan S9+ akan menggunakan ukuran layar sama dengan generasi S8, yaitu 5,77 inci untuk S9 dan 6,22 inci untuk S9+. Sementara pada jeroannya, kedua ponsel tersebut akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 ataupun mungkin akan menggunakan processor buatan mereka sendiri.
  3. Samsung Note 9
    Masih Samsung, mereka memiliki 2 keluarga smartphone sebagai flagship dari perusahaan. Samsung Note 9 mungkin akan menjadi salah satu ponsel yang bakal ditunggu pada tahun 2018. Rumor Samsung Note 9 akan diluncurkan pada September 2018. Beberapa prediksi menyatakan Note 9 akan mengusung layar 4K 6,4 inci, sensor pemindai layar, dan layar tanpa bezel. Tentunya fitur S-Pen akan dikembangkan jauh baik dibandingkan S-Pen untuk Note 8. Samsing memiliki rencana untuk merilis ponsel flagship yang dapat dilipat pada 2018. Dengan layar yang semakin besar, akan lebih baik jika Samsung membuat Note 9 menjadi phablet yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam saku.
  4. HTC U12
    Kabar terbaru mengatakan HTC tengah menggarap flagship terbaru mereka yaitu U12. Yang menarik, HTC U12 dikabarkan akan hadir dengan layar beresolusi 4K. Jika ternyata benar, U12 akan menjadi ponsel ketiga di dunia dengan resolusi layar 4K atau 2160×3840 piksel. Dua smartphone pertama dengan resolusi 4K adalah Sony Xperia Z5 Premium dan Sony Xperia XZ Premium yang menyajikan layar super jernih dan tajam. HTC adalah vendor pertama yang pernah merilis HTC One M8 dengan kemampuan dua kamera di bagian belakang pada 2014 lalu.
  5. Sony Xperia XZ2
    Tersebar kabar terbaru yang menunjukkan bahwa Sony ingin mengubah desain ponselnya. Tentunya ini merupakan berita besar karena sejak Xperia Z hingga produk terakhirnya, Sony masih menggunakan desain OmniBalance yang menekankan pada simetri. Kemungkinan XZ2 akan menjadi smartphone pertama yang akan menggunakan desain terbarunya tersebut. Smartphone ini dikabarkan memiliki layar tanpa bezel, serta spesifikasi seperti layar 5,48 inci dengan resolusi Full HD, kamera belakang ganda beresolusi 12MP, processor Snapdragon 845, dan kamera depan 15MP.
  6. Huawei P11/P20
    Kalau mengikuti penamaan smartphone flagship dari Huawei selama beberapa tahun terakhir, seharusnya mereka akan merilis P11 pada tahun 2018. Namun bisa juga Huawei justru meluncurkan P20 yang didapat dari berbagai kabar yang beredar. Bahkan kabar tersebut mengatakan P20 akan diluncurkan di MWC 2018. Ada Gambar yang sempat beredar menampilkan desain tiga varian P20; yakni P20, P20 Plus, dan P20 Pro. Seluruh ponsel hadir dengan tiga kamera di bagian belakang. P20 dan P20 Plus akan tampil dengan desain yang mirip, di mana posisi sensor sidik jari ada di depan. Sedangkan P20 Pro akan memasang sensor sidik jari di belakang, di bawah kamera. P20 dan P20 Plus akan ditenagai oleh prosesor Kirin 970. Adapun P20 Pro kabarnya akan menggunakan cip terbaru Huawei, Kirin 975. Seluruh ponsel disebut akan menggunakan RAM 6 GB dan penyimpanan internal paling kecil 64 GB.
  7. Nokia 8
    Berdasarkan rumor yang beredar luas, Nokia 9 memiliki ukuran layar 5,5 inci dan akan mengadopsi layar tanpa bezel dengan rasio layar 18:9. Smartphone tersebut diperkirakan akan dibekali kamera belakang ganda yang masing-masing beresolusi 13MP dengan lensa wide-angle dan lensa zoom, kamera depan 13MP, serta rekaman audio Ozo 360 derajat. Nokia 9 akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540. Jeroan lainnya antara lain RAM 6GB dan penyimpanan internal sebesar 64GB.

Untuk berita mengenai smartphone lainnya, silakan klik di sini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *