Keunggulan Serta Kelemahan Media Penyimpanan HDD Dan SSD

hdd vs ssd

Kebanyakan orang sekarang membeli laptop untuk kebutuhan komputasi mereka harus membuat keputusan antara memilih Solid State Drive (SSD) atau Hard Disk Drive (HDD) sebagai komponen penyimpanan. Jadi mana dari dua pilihan yang lebih baik, SSD atau HDD? Setiap pembeli memiliki kebutuhan yang berbeda dan Anda harus mengevaluasi keputusan berdasarkan kebutuhan, preferensi, dan anggaran kursus Anda. Meski harga SSD telah turun, harga per gigabyte masih kuat dengan HDD.

Apa itu Solid State Drive (SSD) ?

SSD menggunakan apa yang disebut memori flash berbasis NAND. Ini adalah jenis memori yang tidak mudah rusak. SSD tidak memiliki lengan mekanik untuk membaca dan menulis data, melainkan mengandalkan prosesor tertanam yang melakukan serangkaian operasi yang berhubungan dengan data bacaan dan penulisan. Prosesor merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan kecepatan SSD. Keputusan yang dibuatnya terkait dengan cara menyimpan, mengambil, menyimpan dan membersihkan data dalam drive. Contoh prosesor cepat saat ini adalah prosesor SSD SandForce SATA 3.0 (6GB / s) yang mendukung kecepatan burst hingga kecepatan baca dan tulis 550MB / s. Kelompok prosesor genenrasi SandForce 3700 berikutnya diumumkan pada akhir tahun 2013, dan mencapai mencapai kecepatan sekuensial 1.800MB / s berkapasitas 1.800MB / s serta 150K / 80K random IOPS.  Anda dapat membaca dan menulis surat ke SSD sepanjang hari dan integritas penyimpanan data akan dipertahankan selama lebih dari 200 tahun. Dengan kata lain, kehidupan penyimpanan data SSD bisa hidup lebih lama dari Anda!

Apa itu Hard Disk Drive (HDD) ?

Hard Disk Drives, atau HDD telah ada selama tahun-tahun dalam dunia teknologi. HDD pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1956. HDD menggunakan magnet untuk menyimpan data pada piringan yang berputar. Head untuk baca / tulis terletak di atas piringan berputar untuk membaca dan menulis data. Semakin cepat piring berputar, semakin cepat HDD bisa tampil. Drive laptop tipikal saat ini berputar dengan kecepatan 5400 RPM (Revolutions per Minute) atau 7200RPM, meskipun beberapa piring berbasis server berputar hingga 15.000 RPM.

Berikut ini perbandingan antara SSD dan HDD

Atribut SSD HDD
Daya rata-rata 2 – 3 watt, menghasilkan dorongan daya 30+ menit rata-rata 6 – 7 watt dan karena itu menggunakan lebih banyak baterai
Harga Mahal, kira-kira $ 0,20 per gigabyte (1TB) Hanya sekitar $ 0,03 per gigabyte, sangat murah (4TB)
Kapasitas Biasanya tidak lebih besar dari 1TB untuk ukuran notebook drive; Maks 4TB untuk desktop Biasanya sekitar 500GB dan maksimal 2TB untuk drive ukuran notebook; Maksimal 10TB untuk desktop
Kebisingan Tidak bersuara Perputaran piringan menghasilkan suara
Getaran Tidak ada getaran Perputaran piringan di dalamnya menghasilkan getaran
Kecepatan Umumnya di atas 200 MB / s dan sampai 550 MB / s Rentangnya dari 50 – 120MB / s
Enkripsi Full Disk Encryption (FDE) Full Disk Encryption (FDE)
Waktu kerusakan Kerusakan pada 2,0 juta jam Kerusakan pada 1,5 juta jam
Pengaruh magnet SSD aman dari efek magnetisme apapun Magnet bisa menghapus data

Jadi yang mana pilihan Anda?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *