Makanan Cepat Saji Dengan Citarasa Khas Dari Berbagai Negara Di Dunia

Makanan siap saji adalah istilah untuk makanan yang dapat disiapkan dan dilayankan dengan cepat. Meskipun banyak penelitian yang memberikan pendapat bahwa makanan cepat saji tidak baik bagi kesehatan, namun bukan berarti makanan ini tidak disukai. Makanan cepat saji setidaknya tidak akan menghabiskan waktu untuk memasak dan menghidangkan, sehingga tidak mengganggu produktifitas. Tapi apakah Anda tahu makanan-makanan cepat saji yang sangat populer dari seluruh dunia? Berikut ini daftarnya :

  1. Pizza dari Italia
    pizza
    Pizza adalah roti yang diberikan berbagai bumbu, daging, sayuran dan saos. Awalnya pizza adalah makanan para warga miskin, pizza dijual di jalanan dan belum dianggap sebagai resep dapur terkenal. Sebelum abad ke-17, pizza ditutupi saus putih. Kemudian diganti oleh minyak, keju, tomat atau ikan pada tahun 1843. Bulan Juni 1889, untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy, koki Neapolitan Raffaele Esposito menciptakan “Pizza Margherita”, sebuah pizza yang dipenuhi tomat, keju mozzarella dan basil, untuk menggambarkan warna bendera Italia. Pizza telah menjadi jenis makanan yang terkenal sampai sekarang.
  2. Hamburger dari Amerika
    hamburger
    Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan ditengahnya diisi dengan daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger juga dilengkapi dengan keju, asinan, serta bahan pelengkap lain seperti sosis dan Ham.
  3. Sushi dari Jepang
    sushi
    Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi pada sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Asal-usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji sushi.
  4. Souvlaki dari Yunani
    Souvlaki
    Souvlaki adalah roti khas Turki dengan isian tomat, daun selada, timun, daun parsly, dan beberapa bumbu khas Turki lainnya. Pertama-tama diawali dengan pemanggangan roti selama kurang lebih sepuluh menit. Selama proses pemanggangan dilakukan, juga disiapkan irisan daging sapi panggang, irisan bawang putih, tomat, selada, timun, yoghurt, dan beberapa bumbu khas Turki. Roti yang sudah berisi berbagai macam daging, sayur, saus, dan bumbu ini kemudian digulung dan siap dihidangkan.
  5. Pierogi dari Polandia
    Pierogi
    Pierogi adalah makanan yang direbus, tetapi ada juga yang digoreng. Isi pierogi sangat bermacam-macam, bisa berisi buah-buahan, sayuran, kentang, jamur, berbagai macam daging. Yang paling tradisional adalah Ruskie, yaitu pierogi dengan isi keju putih, kentang dan bawang bombay. Karena isinya yang bisa beraneka ragam, pierogi dapat dimakan sebagai snack, side dish, atau bahkan makanan utama.
  6. Burrito dari Mexico
    Burrito
    Burrito adalah salah satu makanan khas Meksiko. Makanan ini terdiri atas tortilla gandum yang diisi dengan berbagai macam daging seperti daging sapi, ayam atau babi. Daging-daging yang sudah dimasak kemudian digulung dengan tortilla tadi. Di Amerika Serikat, isi dari burrito lebih bervariasi, seperti nasi, kacang merah, kubis, tomat, saus salsa, guacamole, keju dan sour cream, sehingga menyebabkan ukuran burritonya menjadi lebih besar. Tortilla gandum tadi biasanya dipanggang atau dihangatkan sebentar supaya menjadi lebih empuk dan lebih mudah untuk digulung.
  7. Fish and Chips dari Inggris
    Fish and Chips
    Fish n’ chips adalah sebuah nama makanan Barat yang terdiri dari perpaduan antara fillet ikan dan kentang goreng. Rakyat Inggris dan Irlandia menyebutnya dengan istilah ‘chippies’ atau ‘chipper’’, dan merupakan menu makan siang murah meriah di kalangan pekerja sejak jaman dahulu. Ikan yang biasanya digunakan adalah jenis yang berdaging montok dan berwarna putih, seperti ikan cod atau ikan dory. Balutan tepung menjadi tambahan kelezatan untuk ikannya, renyah dan memiliki takaran kegurihan yang pas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *