Makanan Tanpa Bahan Pengawet Yang Mampu Bertahan Bertahun-tahun

Biasanya makanan yang memiliki kemampuan bertahan dalam jangka waktu lama pasti telah diberikan bahan pengawet. Baik itu bahan pengawet alama ataupun secara kimia. Tentunya jika menggunakan kimia bisa berpengaruh terhadap kesehatan dari manusia itu sendiri.

Ternyata beberapa bahan makanan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tanpa bahan pengawet. Apa sajakah itu? berikut ini daftarnya :

  1. Madu
    madu
    Biasanya madu dalam kemasan yang dijual di pasaran punya cetakan tanggal kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa adalah dua tahun dari tanggal produksi. Tapi sebenarnya, selama madu tersebut adalah madu murni tanpa campuran apapun terutama air, bisa tahan selamanya.Madu murni hanya mengandung gula saja, tanpa air ataupun zat cari lainnya. Tidak adanya cairan di dalam madu membuat bakteri tidak bisa hidup dan berkembang biak. Sehingga aman untuk dikonsumsi meski sudah disimpan dalam waktu lama. Kalau ada kristal-kristal madu yang terbentuk di bagian permukaan atau di tepian kemasan, kemudian ada perubahan warna yang terjadi pada madu tersebut, hal itu tidak mengindikasikan bahwa madu itu sudah rusak. Itu hanyalah reaksi kimia alami dari madu tersebut.
  2. Beras
    beras
    Beras ternyata bisa bertahan sampai 30 tahun dalam kontainer tertutup tanpa oksigen. Beras adalah salah satu bahan makanan yang sebenarnya tidak punya masa kadaluarsa. Syaratnya cukup disimpan di dalam kantong tertutup dan tidak ada udara sama sekali. Makanya beras-beras dengan brand tertentu selalu dijual dalam plastik padat yang semua udara di dalamnya sudah disedot keluar. Ini untuk mempertahankan kondisi beras dan membuatnya tetap awet.Beras yang sudah aman di dalam kantung tanpa udara tinggal disimpan di suhu 40 derajat Fahrenheit atau setara 4 derajat Celcius.
  3. Susu bubuk
    susu bubuk
    Susu bubuk adalah salah satu bahan makanan paling awet di dunia ini. Dalam bentuk bubuk (tidak ada air dan oksigen), susu bisa bertahan sangat lama. Hanya saja untuk aman dikonsumsi, United States Department of Agriculture menyebutkan bahwa susu bubuk paling aman dikonsumsi setelah disimpan maksimal 10 tahun.Susu yang disimpan terlalu lama akan kehilangan rasa asli dan kandungan nutrisi di dalamnya. Simpan di tempat yang jauh dari lembab untuk menghindari proses penggumpalan.
  4. Garam
    garam
    Garam laut yang dibeli lima tahun yang lalu tetap bisa digunakan untuk makanan. Garam laut tidak mempunyai masa kadaluarsa. Yang dimaksud di sini adalah garam laut alami, bukan garam yang sudah mengandung yodium. Karena garam beryodium hanya bertahan lima tahun saja mengingat sudah ditambahkan bahan kimia.
  5. Kopi
    kopi
    Biji Kopi bisa bertahan 20 tahun di suhu kamar. Kalau disimpan di dalam freezer bahkan bisa bertahan selamanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *