Nostalgia Dengan Game Konsol Legendaris PS1 Atau PSX

PS 1

Playstation One atau PS1/PSX adalah sebuah game konsol yang fenomenal di jamannya. PS1 menghadirkan kualitas gambar yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya saat itu. Di Indonesia juga sempat booming dengan menjamurnya penyewaan PS1. Meskipun untuk saat sekarang game konsol ini sudah ketinggalan jauh, namun ternyata ada beberapa keunikan yang dimiliki oleh PS1 dan tidak dimiliki oleh game konsol terbaru saat ini. Apa sajakah itu :

  1. Gameplay yang beraneka ragam
    Game-game jaman sekarang memiliki gameplay yang hampir mirip satu sama lain, mungkin hanya berbeda di tema / jalan cerita. Di PS1, kita bisa menemukan beraneka ragam game yang punya gameplay yang unik. Salah satunya yaitu game Bishi Bashi, game tersebut berisi kumpulan mini game yang sangat unik. Mini game yang ada akan memberikan hiburan bagi orang – orang yang memainkannya apalagi dimainkan secara multiplayer maka akan lebih seru lagi pastinya.
  2. Multiplayer dalam 1 layar
    Game multiplayer saat ini kebanyakan dimainkan di game konsol yang berbeda dan di rumah masing – masing tentunya dengan menggunakan koneksi internet. Mungkin hanya beberapa game saja yang bisa menyajikan multiplayer dalam 1 layar, misalnya sepakbola atau basket. Game multiplayer pada PS1 disajikan dalam 1 game konsol dan dimainkan dalam 1 layar yang sama. Sehingga jika sedang saling berhadapan bisa mengintai posisi lawan lebih mudah. Contoh gamenya yaitu DOOM, sebuah game FPS. Apabila game tersebut dimainkan secara multiplayer, maka layar akan terbagi sesuai dengan jumlah pemain yang ikut.
  3. Mitos kabel stick dan memiringkan game konsol
    Pada waktu PS1 sedang populer, kita sering mendengar mitos – mitos yang mungkin agak aneh. Misalnya mitos menggulung kabel stik jika stik macet / rusak. Jika digulung, maka stik bisa kembali berfungsi dengan normal. Sedangkan pada game konsol jaman sekarang, tidak mungkin melakukan hal itu karena stick sudah tanpa kabel (wireless). Atau ketika game macet pada konsol, maka miringkan konsol ketika akan memulai permainan.
  4. Banyak memiliki judul game
    Harga 1 judul game PS1 di jaman dahulu memang sangat murah. Harga untuk 1 buah CD PS1 berkisar sekitar Rp 5000 – Rp 10000. Kenapa murah? Karena game-game itu adalah game bajakan yang bisa dibeli dengan mudah. Kita akan punya sekali banyak koleksi game, meskipun game tersebut bajakan. Sedangkan game konsol generasi sekarang, judul game belum bisa dibajak kalaupun mau beli harganya pun lumayan mahal. Misalnya 1 judul game PS4 berkisar dari Rp 300000 – Rp 1000000.
  5. Memory card
    Memory card digunakan untuk menyimpan data dari game yang kita mainkan, tentunya dengan kapasitas yang terbatas. Sekarang kita sudah tidak perlu menggunakan memory card karena game konsol generasi terbaru telah menyertakan harddisk untuk menyimpan data. Dan ukurannya pun sangat besar bisa mencapai 1TB.
  6. Gameshark
    Siapa yang tidak kenal dengan Gameshark pada PS1. Gameshark itu adalah sebuah sistem cheating yang bisa membuat kita mempunyai uang atau barang atau kemampuan atau karekater yang tidak terbatas dalam sebuah game. Cara menggunakannya dengan memasukan CD Gameshark terlebih dahulu lalu pilih game yang ingin dimainkan dan apa yang hendak dimaksimalkan (misal : uang), lalu setelah itu kita masukan CD game yang kita ingin mainkan, dan uang kita akan tersetting dalam posisi maksimum.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *